Kami sampaikan kabar untuk anda

Perlukah mencuci buah kurma sebelum dimakan?

Mendahulukan memakan buah kurma saat berbuka puasa merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW.

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ ، فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْرًا فَالمَاءُ فَإِنَّهُ طَهُورٌ

“Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering (tamr), karena hal itu mengandung keberkahan. Jika tidak ada, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan (HR. Al-Tirmidzi).

Mengutip food.detikcom, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk berbuka puasa dengan tiga butir kurma sebelum akhirnya makan makanan yang berat.

Selain merupakan sunnah nabi, berbuka puasa dengan buah kurma dapat memberikan banyak khasiat kesehatan. Biasanya ada dua jenis kurma, yaitu kurma kering dan kurma segar.

Namun, sebelum mengonsumsi kurma ada baiknya untuk mencuci terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk menyerap debu dan kontaminasi kuman pada pembungkus saat pengemasan.

Perlu diketahui bahwa semua jenis kurma baik yang kering maupun yang fresh, kemudian dikemas atau tidak, semuanya belum dicuci sebelum sampai ke tangan konsumen. Karenanya disarankan untuk mencuci kurma dengan tepat.

Namun, jangan sampai kurma terkelupas saat dicuci. Selain itu, mencuci kurma sebaiknya saat ingin dikonsumsi saja. Hindari untuk mencuci semua kurma kemudian menyimpannya di dalam kulkas dan dibiarkan menumpuk.

Hal tersebut dapat merusak tekstur kurma dan kulitnya mengendur, sehingga masa simpannya menurun. Bukan hanya itu, cara tersebut juga bisa menyebabkan fermentasi dan rasa buah yang tidak enak, lapor Crystaldates.co.

Jadi sebaiknya mencuci kurma beberapa buah yang ingin dimakan saja. Sementara sisanya kembali disimpan dalam kemasan yang tertutup rapat. Lantas bagaimana cara mencuci kurma?

Seorang pengguna TikTok dengan akun @azween_muzani membagikan tips mencuci kurma dalam sebuah video singkat. Pertama siapkan wadah berupa baskom dan saringan.

Kemudian, masukkan kurma ke dalam baskom. Masukkan garam dan tambahkan air. Tunggu selama beberapa menit, lalu pindahkan kurma ke wadah lain menggunakan saringan.

Cara tersebut dapat menyisakan debu-debu pada wadah. Selain mencuci kurma, menyimpan kurma juga ada caranya. Cara menyimpan kurma berbeda-beda tergantung dengan jenisnya.

Biasanya kurma yang fresh atau basah perlu disimpan pada suhu rendah di lemari es atau freezer. Namun, berbeda dengan kurma kering yang tidak memerlukan pendinginan sama sekali./*

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.