Kami sampaikan kabar untuk anda

Polisi Tangkap Kakek 69 Tahun di Gaung

“Tersangka Membakar Enam Hektar Lahan untuk Tanam Jagung dan pisang”

Tembilahan, detikriau.org –  Polisi mengamankan pembakar lahan dan hutan di Desa Belantara Raya Kecamatan Gaung.  M, kakek berusia 69 tahun ini disebutkan membuka lahan dengan cara dibakar untuk ditanami jagung dan pisang.

Kaplres Inhil, AKBP Dian Setyawan melalui Kasubbag Humas AKP Warno dalam keterangan tertulisnya menerangkan, saat diintrogasi, M beralasan dengan dibakar tanah menjadi subur.

“M membakar lahan di Parit 4 Sungai Belanta Dusun Lestari Desa Belantaraya Kecamatan Gaung Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau, dengan luas lahan yang terbakar sebanyak 6 hektare, yang sebagian besar bukan lahan miliknya.” Ujar AKP Warno

Diterangkan, kronologis penangkapan  berawal dari informasi yang didapat Bhabinkamtibmas Desa Belantaraya Aiptu Edhysah Putra Bangun, akan adanya titik hotspot disekitar Parit 4 Sungai Dusun Lestari, pada rabu 17 Februari 2021 sore.

Aiptu Edhysah kemudian mencari tahu kebenaran titik hotspot tersebut dengan cara menghubungi kepala desa Belantaraya, Hasbullah.

“Selain itu Bhabinkamtibmas juga menghubungi warga yang berdomisili di Parit 4 Sungai Dusun Lestari Desa Belantaraya, M Yani. Saat itulah diketahui kebakaran lahan terjadi,” kata AKP Warno.

Lanjutnya, pada tanggal 18 Februari 2021 pagi, Bhabinkamtibmas Desa Belantaraya mendatangi lokasi dan melihat lahan yang terbakar sudah meluas kurang lebih 4 hektar.

“Dilakukanlah pemadaman bersama masyarakat sekitar karena api terus merambat,” ujarnya.

“Kasat Reskrim AKP Indra Lamhot Sihombing memerintahkan Kanit Tipidter dan Kanit Reskrim Sek Gaung untuk melakukan penangkapan terhadap M dan saat ini tersangka sudah diamankan di Mako Polres Inhil,” jelas AKP Warno.

Setelah dilakukan gelar perkara, lahan yang terbakar seluas 6 hektare.

Sebagai barang bukti diamankan berupa satu1 bilah parang dengan panjang kurang lebih 80 centimeter dan satu potong kayu bekas terbakar.

“Tersangka dikenai pasal 108 UU No 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup atau Pasal 187 KUHPidana atau Pasal 188 KUHPidana,” ungkapnya.

Kepala Desa Belantaraya juga mendukung langkah penegakan hukum yang dilakukan oleh Polri dikarenakan Kepala Desa telah melakukan sosialisasi berulang kali tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar. “tetapi masih tetap saja ada warga yang membandel,” Kata Kades./dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.