Kami sampaikan kabar untuk anda

Bupati Adil Kungker ke Rangsang Barat, Tinjau Budidaya Kerambah dan Infrastruktur Jalan

Meranti, detikriau.org – Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, melakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Rangsang Barat, dalam kegiatan itu, Bupati berksempatan meninjau Budidaya Ikan Kerambah milik warga dan melihat kondisi jalan penghubung antar Kecamatan, Sabtu (6/3/2021).

Turut hadir bersama Bupati, Legislator DPRD Meranti Suji Hartono, Camat Rangsang Barat Ratna Juwita, serta sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Seperti diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti H.M Adil SH-H. Asmar, dalam Visi dan Misinya berkomitmen mewujudkan Meranti Maju, Cerdas dan Bertabat di Provinsi Riau, Indonesia.

Diantara program prioritas yang ingin dijalankan dalam mewujudkan Visi dan Misi itu adalah dengan menciptakan ribuan usahawan melalui  penciptaam ribuan peternak dan nelayan, baik nelayan tangkap maupun budidaya.

Untuk itu dalam setiap kunjungannya Bupati mengintruksikan kepada Camat dan Kades ikut mensukseskan program tersebut melalui pemberian bantuan dan pembinaan kepada warga. Seperti yang dilakukan saat ini dengan mengunjungi lokasi Budidaya Kerambah Ikan Kakap Putih milik Rauf warga Desa Bantar Kecamatan Rangsang Pesisir.

Kadis Perikanan Eldi Saputra mengatakan, Budidaya Ikan Kerambah Kakap Putih milik Rauf tergabung dalam Koperasi Nelayan Samudra Jaya Bersama binaan dari Dinas Perikanan Kep. Meranti. Dalam budidaya Kakap Putih koperasi ini telah menerapkap sistem Pendederan Canggih Pola Segmentasi yakni pembesaran Bibit Kakap Putih berukuran 1-2 CM. 

Melalui pola pendederan ini ribuan bibit Kakap Putih yang sebelumnya berukuran 1-2 CM akan dibesarkan selama 2 bulan atau hingga berukuran 7 CM. Setelah mencapai ukuran 7 CM barulah dijual atau masuk kerambah pembesaran.

“Koperasi Samudra Jaya Bersama salah satu penyedia Kakap Putih ukuran 7 CM di Kepulauan Meranti, selain untuk dijual koperasi ini juga memebesarkan sampai siap panen,” jelas Eldi.

Kemudian melihat keberhasilan pengembangan Kakap Putih tersebut, dalam Diskusinya bersama pemilik kerambah Rauf, Bupati H.M Adil menyampaikan akan memberikan bantuan untuk pengembangan Budaya Kerambah Ikan Kakap Putih ini. Agar semakin berkembang dan dapat ditiru oleh kelompok nelayan lainnya.

Selanjutnya untuk merealisasikan program strategis dibidang pembangunan Infrastruktur Dasar dengan membangun jalan penghubung dari Desa, Kecamatan hingga Kabupaten. Bupati Adil dan rombongan juga berkesempatan melihat jalan rusak di Desa Mekar Baru-Desa Sendaur setibanya dilokasi Bupati memerintahkan Dinas PU untuk segera memperbaiki untuk memperlancar aksesbilitas orang dan barang.

“Saya minta kepada Dinas PU Bina Marga untuk segera memperbaiki agar aksesbilitas semakin lancar,” Pungkasnya. (Humas Pemkab. Meranti/eko).

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.