Kami sampaikan kabar untuk anda

5 Ha Lahan di Teluk Belengkong Terbakar, upaya Pemadaman Masih Berlangsung

Tembilahan, detikriau.org – Lahan seluas lebih kurang 5 Hektar di Desa Sumber Jaya, kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Inhil terbakar, Rabu (03/03/2021).

Hal tersebut diketahui berdasarkan laporan dari Babinsa dan Personil Koramil 06/Kateman yang bertugas di wilayah tersebut. Saat ini seluruh Babinsa Koramil 06/Katemen terus berupaya memadamkan  api bersama aparat terkait agar tidak meluas dan menyebar ketempat lain.  Kegiatan pemadaman dan pendinginan lahan yang terbakar masih tetap berlangsung

“Perkiraan lahan terbakar 5 hektar, kini api belum padam dan masih mengeluarkan asap. Kita sedang melakukan pemadaman,” ungkap Babinsa Koramil 06/Kateman dilokasi.

Personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Apdes, dan masyarakat hingga kini masih berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan.

Empat unit mesin air, selang 14 gulung, parang, cangkul dan ember digunakan dalam upaya pemadaman.

Tanah gambut dengan ketebalan sekira 3 meter dengan kondisi kering menjadi faktor penghambat dalam upaya pemadaman karena diketahui sekam gambut  masih membara dibawah tanah dan berpotensi menimbulkan api berulang.

“Belum lagi angin kencang dan berubah arah, cuaca yang terik, sumber air yang jauh, dan lokasi yang jauh dari Koramil membuat tim sedikit kesulitan melakukan upaya pemadaman. Namun hingga kini, api sudah mulai bisa diatasi,” tuturnya.

Hingga kini, pemilik lahan dan penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib./*/dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.