Kami sampaikan kabar untuk anda

MDPJ 2020, Kinerja BUMDes Sumber Kencana Diapresiasi

“Galery Foto”

Keritang, detikriau.org – Camat Keritang Rudy Fahmi.T. S.STP sampaikan apresiasi kepada seluruh pengurus BUMDesa Sumber Kencana atas pencapaian yang sudah diraih. Keberadaan BUMDesa kedepannya juga diharapkan Camat akan dapat berperan menciptakan peluang kerja baru bagi masyarakat.

“Selamat dan apresiasi atas pencapaian yang diraih oleh pengurus BUMDesa Sumber Kencana” tutur Camat keritang saat membuka kegiatan Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT) BUMDesa Petalongan, Kecamatan Keritang, Kabupaten Inhil, Senin (1/3)

“Dengan unit usaha yang ada, selain memberikan kontribusi bagi desa, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terlebih membuka peluang kerja bagi masyarakat desa” harap Camat.

Dalam kesempatan itu, sehubungan dengan memasukinya musim kemarau, Camat  juga mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari membakar lahan.

“Sekarang kita sudah memasuki musim panas, oleh karena itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menjadikan peluang untuk membakar lahan, mari sama-sama kita jaga agar tidak ada lagi kebakaran hutan/lahan di daerah kita” Pungkas camat

Sebelum menyampaikan sambuatannya Rudy Fahmi berkesempatan melakukan penyerahan santunan kepada anak yatim dari laba BUM Desa.

Dalam laporan pertanggung jawaban yang disampaikan Fathul Ulum Selaku Direktur BUMDesa Sumber Kencana Tahun 2020, yang kemudian estapet kepemimpinannya dilanjutkan oleh Wisnu Topan menyampaikan bahwa BUMDesa Sumber Kencana memiliki beberapa unit usaha.

“BUM Desa Sumber Kencana memiliki beberapa unit usaha yang dijalankan yakni : Unit Simpan Pinjam, Unit Agro Wisata Buah Naga, Unit Depot Air Minum, dan Unit Pasar” jelasnya.

Namun sejauh ini menurutnya Unit Simpan Pinjam masih menjadi Unit primadona yang memberikan kontribusi cukup besar kepada BUMDesa dan Desa.

“Sepanjang tahun 2020 unit usaha simpan pinjam berhasil meraih laba sebesar Rp 74.679.154 .dan secara keseluruhan laba dari BUMDesa Sumber Kencana yakni Rp. 98.136.046 kemudian dari laba tersebut BUMDesa Sumber Kencana berkontribusi menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD)sebesar Rp19.627.207” ucap Fathul Ulum.

Sementara itu, Kepala Desa Petalongan Ahmad Fauzi sekaligus menjabat sebagai komisaris pada BUM Desa Sumber Kencana dalam sambutannya mengatakan kedepan ia berharap BUMDesa bisa menyentuh sektor lain yang bisa dijadikan usaha.

“Meskipun ditengah pandemi covid 19 BUMDesa Sumber Kencana tetap mampu berjalan dan bisa memberikan kontribusi bagi Desa, ini adalah satu hal yang luar biasa. Kedepan semoga BUMDesa Sumber Kencana bisa lebih maju lagi dan bisa menyentuh sektor-sektor lainnya” harap Kades.

Hadir dalam kegiatan rutin tahunan sebagai bentuk transparasi pengelolaan BUMDesa yang laksanakan di gedung serbaguna Desa Petalongan ini, Camat Keritang, Rudy Fahmi.T. S.STP, serta seluruh Fasilitator Masyarakat dan Pendamping Desa Kecamatan Keritang Program DMIJ Plus Terintegrasi./*/ads

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.