Kapolres Inhil Pimpin Pemadaman Karlahut SK26 Dusun JBU

Tembilahan, detikriau.org– Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan memimpin langsung upaya pemadamkan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di Desa Sungai Rabit Kecamatan Kempas, SK 26 Dusun Jasa Bina Utama Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Upaya pemadaman yang dipimpin Kapolres ini sudah dilaksanakan sejak sabtu (27/2), hari ini Minggu (28/2/2021) kembali berlanjut.

“Hari ini kami masih berjibaku dalam upaya pemadaman dan pendinginan kebakaran lahan, rekan-rekan media bisa menyaksikan, api sudah padam jadi saat ini sedang dilakukan pendingin,” Ujar AKBP Dian.

Selain upaya pemadaman dan pendinginan, nanti menurut AKP Dian juga akan dilakukan penyekatan agar kebakaran tidak menyebar luas.

“Kami akan lakukan pemadaman hingga benar-benar tidak ada lagi titik apinya, pantang pulang sebelum padam,” tegas AKBP Dian.

“Sebanyak kurang lebih 5 hektare lahan yang terbakar dilokasi SK 25 dan SK 26. Mengingat lokasinya luas, BPBD dan TNI melakukan pemadaman di SK 25, sedangkan Polres Inhil di SK 26 bersama MPA dan PT SRL,” ditambahkannya

Kapolres Inhil juga mengimbau kepada masyarakat, dimusim kemarau ini untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar karena bisa menyebabkan polusi udara, dan api sangat cepat merambat disebabkan lahan yang sangat kering.

“Ya kalau dibakarkan menimbulkan polusi udara dan sangat merugikan kita semua dengan menggangu kesehatan, apalagi tanah gambut sudah kering itu sangat cepat merambat, jadi saya sangat berharap kepada masyarakat agar bijak dalam membuka lahan,” tutup kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan.

Untuk diketahui Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan didampingi, Kabag Ops Polres Inhil, Kasat Reskrim Polres Inhil kasat Narkoba Polres Inhil, kasat Lantas Polres Inhil, Kasat Intel Polres Inhil, Kapolsek Kempas, Kapolsek Tembilahan saat memadamkan api.

Pemadaman dilakukan oleh 40 personil dari Polres Inhil, Masyarakat Peduli Api (MPA) 30 personil, PT SRL 6 orang, BPBD 10 serta dibantu TNI dan Anak Muda Milenial Indonesia (AMMI)./*/dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.