100 Desa di Inhil Masuk Kategori Desa Berkembang dan 19 Desa Maju. 2 Desa Sangat Tertinggal

Tembilahan, detikriau.org – Berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2020, Sebanyak 100 desa dari 197 desa di Inhil masuk dalam kategori Berkembang.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Inhil, Budi N Pamungkas melalui Kasi Sarana dan Prasarana Desa, Fitrianti saat dikonfirmasi di Ruangannya, Selasa (23/02/2021).

“Berdasarkan data IDM tahun 2020 kemarin, tercatat ada 100 dari 197 Desa di Inhil masih dikategorikan Desa berkembang dan 19 masuk kategori Desa maju,” sebutnya.

Lebih lanjut Ia juga menyebut bahwa 76 desa masih dikategorikan sebagai Desa tertinggal.

“76 desa masuk kategori tertinggal dan untuk kategori desa Mandiri di Inhil belum ada,” ditambahkannya

Sementara kata Fitrianti juga, masih ada 2 desa yang tergolongkan pada Desa sangat tertinggal, yakni Desa Bantayan yang ada di kecamatan Mandah dan Desa Pandan Sari yang ada di Kecamatan Sungai Batang.

Terakhir, Fitrianti menjelaskan bahwa Perkembangan predikat Desa di Inhil pada dasarnya memang selalu mengalami perubahan setiap tahunnya.

“Pada tahun 2019, Hanya 11 Desa di Inhil yang mampu menduduki kategori sebagai Desa Maju, 59 Desa Berkembang, serta 116 Desa masuk kategori Desa Teringgal dan 11 Desa masih terdata sebagai Desa Sangat Tertinggal,” Tutupnya.

Sebagai Informasi, untuk menentukan sebuah Desa itu tergolong kategori Berkembang, Maju, Mandiri dan Tertinggal ada tolak ukur tersendiri yang di nilai dengan angka-angka atau variable. Ini lah yang di maksud dengan Indeks Desa Membangun (IDM).

IDM merupakan indeks komposit yang dibentuk berdasarkan tiga indeks, yaitu Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi/ Lingkungan.

Itu semua sudah diatur dalam Permendesa Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM), disitu juga dijelaskan maksud dari kategori desa tertinggal, desa berkembang, maju dan mandiri.

ADVERTORIAL

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.