Letkol Inf Imir Faishal: Mencegah Terjadinya Karlahut Adalah Langkah Terbaik

Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal

Tembilahan, detikriau.org – Dandim 0314 Inhil, Letkol Inf Imir Faishal  terus gencarkan penyampaian sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). Tanpa pemahaman dan dukungan masyarakat, bahaya kerusakan ekosistem dan dampak kesehatan akibat terjadinya karlahut tentu sangatlah sulit untuk dihindari.

“Apapun upaya yang dilakukan, pencegahan adalah jalan terbaik. Masyarakat harus memahami kerugian yang timbul akibat karlahut. Dukungan masyarakat akan didapat jika mereka memahami dampak buruknya.” Ujar Dandim kepada wartawan disela kegiatan di lapangan tembak Bukit Tembilahan di Asrama Kodim 0314/Inhil Jalan  A.Yani Tembilahan Hulu. Rabu (24/2)

Untuk melakukan hal itu, selaku Dandim, Imir Faishal menyebut dirinya terus memberikan penekanan kepada para Danramil dan Babinsa dimasing-masing wilayah kerjanya terus menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat untuk merobah pola pikir.

“salah satunya masyarakat harus menyadari bahaya jika membuka lahan dengan cara membakar. Kebiasaan buruk itu harus ditinggalkan. Apalagi disaat musim kemarau seperti saat ini,” Ditambahkan Dandim.

Disamping menghindari membuka lahan dengan cara membakar, juga diingatkan kepada masyarakat yang bekerja di area hutan, jika merokok, puntungnya harus dipastikan benar-benar dalam keadaan mati sebelum dibuang.

“Terkadang masyarakat saat bekerja melakukan pembukaan lahan, ada yang merokok dan membuang puntung rokok asal-asalan saja, itu yang dikhawatirkan, apa lagi kondisi tanah gambut mudah terbakar, jadi itu juga bisa menimbulkan terjadinya kebakaran,” diingatkan Dandim.

Seluruh babainsa diwilayah menurut Dandim juga terus melakukan patroli patroli yang dilakukan siang maupun malam hari bersama tiga pilar didesa yaitu kepala Desa dan aparat desa, Babinsa dan Babinkamtibmas

“Mudah mudahan dengan adanya langkah-langkah pencegahan dan Mitigasi ini tingkat kebakaran tahun 2021 dapat di minimalisir serendah mungkin. Saya berpesan kepada anggota di lapangan jalin sinergitas antara tiga pilar dan masyarakat peduli api yang ada di desa, dan apabila timbul titik api segera dipadamkan saat itu juga dan yakinkan padam sehingga tidak meluas sampai membesar,” imbuhnya.

Ia juga mengharap kepada masyarak di tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa bahwa mencegah terjadinya kebakaran hutan ini tidak semata tugas pemerintah ataupun TNI, POLRI dan BPBD.

“Ini adalah tanggung jawab kita semua karena kelestarian alam untuk kita sendiri, kita jaga alam maka alam akan menjaga kita,” pungkasnya./*/dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.