Kami sampaikan kabar untuk anda

DPMD Inhil Gelar Sosialisasi Tentang BPD di Pekan Kamis

Tembilahan, detikriau.org – Sekretaris DPMD Inhil, Dwi Budianto sosialisasikan tentang susunan organisasi BPD yang merujuk pada Peraturan daerah (Perda) nomor 3 tahun 2015 tentang BPD. Kegiatan ini disampaikannya sebelum dilaksanakannya pemilihan organisasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Pekan Kamis Kecamatan Tembilahan Hulu, selasa (23/3)

Dijelaskan Dwi Budianto, bahwa susunan organisasi BPD terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Anggota. Pimpinan BPD dipilih dari dan oleh anggota BPD secara langsung dalam Rapat BPD yang diadakan secara khusus dan rapat pemilihan pimpinan BPD untuk pertama kali dipimpin oleh anggota tertua dan dibantu oleh anggota termuda usianya.

Sedangkan jumlah anggota BPD ditetapkan berdasarkan jumlah penduduk dan merupakan wakil dari penduduk Desa yang mencerminkan keterwakilan wilayah yang pengisiannya dilakukan secara demokratis melalui proses pemilihan secara langsung atau musyawarah dengan memperhatikan keterwakilan perempuan.

“Masa keanggotaan BPD selama 6 (enam) tahun terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah atau janji. Anggota BPD dapat dipilih kembali untuk masa keanggotaan berikutnya paling banyak 3 (tiga) kali secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut,” paparnya.

Dilanjutnya, BPD berkedudukan sebagai lembaga yang berfungsi sebagai pembentuk peraturan desa, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan desa dan menjadi mitra pemerintah desa.

Dalam rangka proses pemilihan secara langsung atau musyawarah, kepala Desa membentuk Panitia Pengisian Keanggotaan BPD dan ditetapkan dengan keputusan kepala Desa. Pembentukan Panitia pengisian keanggotan BPD berkenaan dengan Petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan diatur lebih lanjut dengan Peraturan Bupati.

Untuk peresmian anggota BPD ditetapkan dengan Keputusan Bupati paling lama 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya laporan hasil pemilihan langsung atau musyawarah perwakilan dari kepala Desa.

“Pengucapan sumpah janji anggota BPD dipandu oleh Bupati atau pejabat yang ditunjuk sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” paparkan Sekretaris DPMD Inhil ini.

Sosialisasi tersebut dihadiri kepala Desa Pekan Kamis Misman, Sekretaris Desa Hendra dan perangkat Desa lainnya, serta masyarakat setempat.

ADVERTORIAL

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.