Kami sampaikan kabar untuk anda

Letkol Inf Imir Faishal imbau masyarakat tidak buka lahan dengan cara dibakar

Tembilahan, detikriau.org – Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar apalagi pada musim kemarau seperti saat ini.

Disampaikannya, dengan datangnya musim kemarau dan cuaca yang cukup panas di wilayah kabupaten Indragiri Hilir tentu akan rentan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang berdampak terjadinya pencemaran udara dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan ekosistem wilayah.

“Kelalaian dan faktor sengaja merupakan hal  utama yang dilakukan oknum tertentu guna kepentingan pribadi, seperti untuk membersihkan lahan tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi. Apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran lahan, tidak tau sumber api dari mana dan melakukan pembiaran api yang semula kecil, hingga menyebabkan api membesar dan menimbulkan dampak yang merugikan,” ungkap Dandim 0314/Inhil, Senin (22/02/2021) saat menggelar rapat kepada seluruh jajaran Kodim 0314/Inhil di ruang data Makodim.

Menurut Dandim, dengan kondisi lahan di kabupaten Indragiri Hilir yang memiliki gambut relatif dalam dan sumber air yang begitu sulit dan terbatas jika terjadi kebakaran lahan apalagi disertai angin  kencang, tentu menyebabkan  api cepat meluas.

Oleh karenanya Dandim berharap kepada masyarakat mulai dari RT/RW dan Kepala Desa untuk saling menjaga dan saling memberi informasi kepada aparat desa, begitu juga Babinsa dan Babinkantibmas, agar kebakaran bisa diatasi dan tidak meluas sehingga menimbulkan kebakaran hutan dan lahan.

“Mari kita sama sama menjaga dan tidak ada lagi membuka lahan dengan cara membakar dan kita upayakan kerjasama serta saling mengingatkan satu sama lain,” pinta Dandim.

Disamping itu, Dandim juga menilai peran serta perusahaan-perusahaan yang terdekat dengan titik terjadinya kebakaran juga sangat dibutuhkan apabila terjadi Karhutla di wilayah Inhil.

“hendaklah kita semua selalu waspada dan saling mengingatkan satu sama yang lain agar segala permasalahan bisa diatasi.” Akhiri Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal./*

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.