Disebut “ganteng”, Pelaku Tebas Korban Hingga Tewas

“disangkakan melanggar pasal 340 jo pasal 338 KUHPidana, dengan ancaman pidana mati atau penjara seumur hidup”

Siak, detikriau.org – Kuna Segren (45) warga Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tega menganiaya Susiato alias Yanto, sehingga menyebabkan korban tewas. Pasalnya-pun hanya sepele, pelaku tersinggung disebut “ganteng”.

“Tumben, kok ganteng kali, mau ke mana? Itu yang disampaikan korban ke pelaku, dikarena ucapan itu membuat pelaku tersinggung,” ucap Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadyanto, saat konferensi pers, Kamis (21/1/21) di halaman Mapolres Siak

Dijelaskan Kapolres, ucapan tersebut dilontarkan korban saat sama-sama menginap di salah satu kos-kosan di Km 11 Kecamatan Koto Gasib. Ucapan korban diduga membuat pelaku sakit hati.

“Meski sama-sama berasal dari Sumatera Utara, pelaku dan korban tidak saling mengenal. Di kosan tersebut mereka bertemu,” tambah Kapolres.

Selanjutnya ketika korban dan temannya Soni Syah Dalimunthe meninggalkan kost-an untuk berjualan peralatan rumah tangga ke Desa Maredan Kecamatan Tualang, menggunakan sepeda motor pelaku membuntutinya.

Setibanya di tempat kejadian perkara, jalan Bakal Desa Pinang Sebatang, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, pelaku langsung membacok Yanto dan Soni menggunakan parang sebanyak 4 kali tebasan.

“2 kali mengenai perut sebelah kanan korban, bacokan ketiga ke arah Soni dan mengenai Soni. kemudian Soni berhasil lari menyelamatkan diri”

Usai meluapkan amarahnya pelaku melarikan diri ke arah Pekanbaru.

“Setelah jauh dari TKP  Soni berhenti meminta bantuan kepada pengemudi mobil pick up yang kebetulan melintas dan kemudian diantar ke Puskesmas Koto Gasib. Sedangkan Yanto saat dievakuasi ke Puskesmas sudah dalam kondisi tak lagi bernyawa,” terang Kapolres

Tanggal 18 Januari, tim opsnal Polres Siak mendapat informasi dari masyarakat, tentang keberadaan pelaku di wilayah Kabupaten Rokan Hulu Riau.

Dipimpin kasat reskrim Polres Siak AKP Noak Aritonang berangkat ke lokasi tujuan. Tanggal 19 Januari, pelaku berhasil diamankan di Desa Batang Kumu Kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu.

“Pelaku berusaha untuk melawan, namun berhasil kita amankan,” kata kasat reskrim AKP Noak menambahkan.

AKP Noak mengatakan, pelaku akan dijerat dengan pasal 340 jo pasal 338 KUHPidana, dengan ancaman pidana mati atau penjara seumur hidup./*

Diterbitkan oleh

detikriau.id

Aktif di Jurnalis. Pekerjaan : Wartawan Harian Vokal. owner www.detikriau.org, Anggota "Aliansi Jurnalis Independen (AJI)" Pekanbaru (Riau).

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.