Dugaan Rekayasa Bobot Pekerjaan Proyek RSUD Puri Husada . Konsultan: Itu Hasil Kesepakatan

“…Direktur dan PPK sudah konsultasi dengan Bupati, Ispektorat termasuk beberapa pihak lain dan disetujui untuk diterminkan 70% supaya bisa dilanjutkan ditahun berikutnya”

Foto: Ist/detikriau.org

Tembilahan, detikriau.org – Team Leader, PT Tujuh Jaya Konsultan, Zulqodri, ST, MSI membenarkan bahwa progres pekerjaan pembangunan dan rehab RS Puri Husada Tembilahan berada pada bobot 38% pada tanggal 18 Desember 2020 saat dibuatkannya Berita Acara Pemeriksaan Hasil Pekerjaan 75,110%.

Kebijakan ini menurutnya dilakukan atas kesepakatan karena menjadi  satu-satunya solusi agar pekerjaan tidak mangkrak dan bisa dilanjutkan kembali di tahun 2021 mendatang.

“Kalau tidak 70 % kan tidak bisa dicairkan artinya pekerjaan bakal mangkrak, itu solusinya. Direktur dan PPK sudah konsultasi dengan Bupati, Ispektorat serta beberapa pihak lain dan disetujui untuk diterminkan 70% supaya bisa dilanjutkan ditahun berikutnya. Daripada mangkrak dari awal, padahal dana sudah standby,” Kata Zulqodri menjawab konfirmasi detikriau.org melalui sambungan selular, kamis (24/11) sore.

Menurut  Zul, saat berita acara pemeriksaan hasil pekerjaan disusun, ia mengaku sedang berada di Pekanbaru.

“Kalau berita acara sendiri saya waktu itu sedang di Pekanbaru, saya tidak ikut pemeriksaan secara langsung, karena tgl 18 itu (desember 2020. red) berita acara seluruhnya harus sudah masuk. Yang menyelesaikan berita acara itu orang itu semua, saya menandatangani terakhir. Sudah diteken semua,” ditambahkannya

Namun meskipun sedang berada di Pekanbaru, Zul menyebut ada anggotanya yang tetap melakukan pengawasan secara langsung dilokasi pekerjaan proyek.

“Anggota kita ada dilokasi, standby. Kita mengetahui bahwa memang berita acara dibuatkan pada bobot pekerjaan 75 persen, tapi secara fisik dilapangan, kita juga mengetahui tidak sebesar itu.”

“Dalam waktu dekat ada pengadaan dengan bobot 18%, sekarang sedang didatangkan, ada juga pengecoran. Mungkin kalau itu semua sudah selesai dan masuk semua, bobot sudah sampai. Diperkirakan akhir tahun progres sudah mencapai bobot itu (75,110%  red).”Akhirinya.

Pernyataan Dir RSUD PH Dana Pencairan 70% Ditahan, dibantah

Sumber detikriau.org membantah pernyataan direktur RSUD Puri Husada Tembilahan dr Saut Pakpahan bahwa dana pencairan 70% proyek pembangunan dan rehab RSUD Puri Husada Tembilahan ditunda penyerahannya ke pihak rekananan pelaksana hingga bobot pekerjaan mencapai 75,110%.

Menghubungi detikriau.org melalui sambungan selular, kamis (24/11), sumber memastikan dana pencairan 70%, sekira Rp 17 miliar atau senilai Rp15 miliar lebih setelah pengurangan pajak,  sudah ditransfer ke rekening bank rekanan pelaksana. Bahkan juga dipastikannya, dihari yang sama (disebutkannya tanggal 23 Desember 2020), hari itu juga dilakukan penarikan dana sebesar Rp5 miliar lebih.

“Siapa bilang ditangguhkan? Dana pencairan 70% sudah ditransfer ke rekening pelaksana dan bahkan dihari yang sama sudah dicairkan Rp5 miliar lebih,” Dipastikan sumber

“diawal saya sudah sampaikan ada yang tidak benar, dan hari ini justru diakui oleh mereka. Apa aturan yang membenarkan dengan kondisi bobot pekerjaan hanya 38% bisa mengajukan pencairan 70%. Ini rekayasa dan pastinya bentuk penipuan.” Akhirinya.

Hingga berita ini dirilis, detikriau.org masih berupaya mendapatkan konfirmasi dari Pejabat Pelaksana Kegiatan (PPK) termasuk beberapa pihak terkait lainnya.

Reporter: faisal

“Progres Pembangunan dan Rehab RSUD PH Disebut Baru Capai 38%, Termin 70%, Benarkah? Berikut Penjelasan dr Saut”

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.