Kami sampaikan kabar untuk anda

Setelah tangkapan 50kg shabu, Polres Inhil Gagalkan Lagi Penyelundupan Narkotika Asal Negri Jiran

“Pengendali dilakukan oleh Napi dari Rutan Kelas I Palembang”

“Gunakan KLM Dumai Sentosa Berkedok Eksportir Kelapa”

Barang Bukti Narkotika yang berhasil disita/Foto: Dok Polres Inhil

Tembilahan, detikriau.org – Jajaran Kepolisian Polres Indragiri Hilir kembali sukses mengungkap kasus penyalahgunaan narkotika pada rabu, 11 november 2020 sekira pukul 06.30 Wib.

Dalam penangkapan yang dilakukan di perairan Pulau Burung Kecamatan Pulau Burung ini polisi mengamankan Barang Bukti berupa 299,18 gram shabu, 3019 butir pil extacy dengan berat bersih 1.115,41 gram, satu bungkus serbuk pil extacy dengan berat bersih 209,75 gram, dan 40 keping pil merk Erimin 5 dengan jumlah 400 butir seberat 118,08 gram.

Diterangkan Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan SIK dalam konfrensi pers diruang rekonfu Polres Indragiri Hilir, rabu (18/11), keberhasilan pengungkapan kasus ini bermula dari informasi yang diperoleh anggota Satpol Air Polres Inhil dari masyarakat pada 27 oktober 2020.

Diinformasikan, bahwa KLM Dumai Sentosa yang dipergunakan mengangkut kelapa dari Sungai Guntung ke Malaysia sering membawa Narkotika.

Mendapat informasi, Kasat Polair Inhil memerintahkan Unit Gakkum dan Unit Patroli Polair melakukan penyelidikan.

Selanjutnya pada rabu, 11 November 2020 sekira pukul 06.30 Wib, pada saat Sat Polair Polres Inhil melakukan patroli di perairan Pulau Burung menjumpai KLM Dumai Sentosa tanpa muatan berlayar dari Batu Pahat Malaysia dengan tujuan Sungai Guntung Kec. Kateman, dan KLM-pun dihentikan dan dilakukan penggeledahan disejumlah ruangan kapal disaksikan nakhoda, Muslim bin Abdullah.

Dari Hasil pemeriksaan tersebut ditemukan sebuah karung yang dibungkus baju warna hitam yang didalamnya diduga berisikan Narkotika.

Atas kejadian tersebut personel Sat Polair melaporkan kepada Kasat Polair Polres Inhil dan mengamankan Nahkoda beserta ABK berikut barang bukti Narkotika.

Selanjutnya Kasat Polair dengan didampingi personel Sat Narkoba Polres Inhil mendatangi TKP dan melakukan pengeledahan lanjutan serta menginterogasi seluruh ABK namun pada saat itu belum ada yang mengakui kepemilikan BB Narkotika tersebut.

Selanjutnya Kapal beserta seluruh ABK serta pemilik Kapal Sdr. E.S. diamankan di tempat terpisah dan  dibawa ke Mapolres Inhil guna penyelidikan lebih lanjut.

Dan dari hasil pemeriksaan Sat Narkoba Polres Inhil terhadap ABK, didapatkan keterangan bahwa pemilik Narkotika tersebut adalah Tsk. HA sebagai KKM (Kepala Kamar Mesin) KLM Dumai Sentosa, dan Narkotika tersebut akan diserahkan kepada Tsk. AW warga Lampung yang merupakan utusan dari Sdr SUTRISNO (Napi Lapas Palembang).

Menindaklanjuti, pada kamis, 12 November 2020 pukul 07.50 Wib, Tim Gabungan Sat Narkoba dan Sat Polair dibawah pimpinan Kasat Narkoba Polres Inhil melakukan penangkapan terhadap Tsk A.W dengan cara Control Delivery bersama Tsk HA di Lobi Hotel Puri Sungai Guntung, Kec Kateman, Kab Inhil.   

Sedia tanaman daun mint murah. kontak WA 0852 6315 9570

Setelah dilakukan interogasi dan pemeriksaan terhadap Tsk. AW, dia mengaku diperintahkan oleh B.J untuk menerima Narkotika dari Tsk HA dan selanjutnya akan dibawa ke Palembang dan diserahkan kepada seseorang sesuai perintah B.A. (WN MALAYSIA).

Selanjutnya Kapolda Riau melalui Dir Res Narkoba Polda Riau kepada Kapolres Inhil untuk dilakukan pengembangan kepada pengendali Narkoba yang berada di Palembang. Tim  Gabungan Direktorat Narkoba Polda Riau dan Sat Narkoba Polres Inhil melakukan pengembangan ke Palembang tepatnya ke Lapas Kelas I Palembang.

Hasil Profeling jejak digital dari Napi yang diduga awalnya bernama S.  setelah dilakukan interogasi dan pemeriksaan nama yang dimaksud bernama Tsk. AS dan dibenarkan oleh Tsk HA.melalui Video Call berikut bukti komunikasi serta foto via chat WA antara Tsk AS. dan Tsk. HA sehubungan perintah membawa narkotika dari Malaysia ke Kab Inhil.

“Ketiga tersangka, HA, A.W dan AS beserta  barang bukti ditingkatkan ke proses penyidikan,”Diterangkan Kapolres.

Dari hasil penggeledahan di tiga TKP, polisi mengamankan sejumlah Barang Bukti.

TKP pertama, KLM Dumai Sentosa, disita BB berupa 299,18 gram shabu, 3019 butir pil extacy dengan berat bersih 1.115,41 gram, satu bungkus serbuk pil extacy dengan berat bersih 209,75 gram, dan 40 keping pil merk Erimin 5 dengan jumlah 400 butir seberat 118,08 gram dengan Tsk HA (31) warga Kec Kateman.

Turut disita sebagai BB 1 unit handphone dan 1 unit KLM Dumai Sentosa GT-84 .

Di TKP kedua, Hotel Telaga Puri Guntung dengan Tsk AW (49) warga Lampung, polisi menyita BB berupa uang tunai senilai Rp 1.439.000 berikut empat unit handphone.

Di TKP ke tiga, Lapas Kelas I Palembang dengan Tsk AS (47) warga Banyu Asin Sumatera Selatan, polisi menyita BB berupa dua unit handphone./dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.