Kami sampaikan kabar untuk anda

POLDA Riau Bekuk sindikat narkoba Dumai. 3kg shabu berikut 9 senpi diamankan

Perang bandar narkoba, Dumai dan Medan merebutkan 46kg sabu dan 10 ribu pil ekstasi”

Pekanbaru, detikriau.org – Tim Polresta Pekanbaru di back-up Direktorat Narkoba Polda Riau berhasil menggulung sindikat narkoba bersenjata api dibeberapa lokasi penangkapan.

Selain berhasil mengamankan  9 orang pelaku, tim gabungan juga mengamankan 7 pucuk senjata api serta 3 kilogram sabu.

“Hari ini 9 pelaku yang kita tangkap adalah para pelaku perang bandar narkoba, ada dua kelompok yg sedang merebutkan narkoba jenis sabu sebanyak 46 kg dan 10 ribu pil ekstasi”, Sebut Kapolda Riau Agung Setia Imam Effendi didampingi Dirresnarkoba, Kabid Humas dan Kapolresta Pekanbaru mengawali keterangannya di Mapolda Riau, senin (16/11)

“Diawali dengan penyergapan terhadap  4 orang tersangka di Palas Rumbai yang rencananya akan memerima 3 kg sabu. Kami temukan 5 pelaku berikut 5 pucuk senpi. Dalam pengembangannya, kami menemukan fakta perang bandar narkoba. Belong ini adalah salah satu dari kelompok bandar yg ada di Dumai, perang dengan kelompok Medan memperebutkan 46 kg sabu dan 10.000 ekstasi”, beber Irjen ini.

Penangkapan pertama dilakukan terhadap empat  orang pelaku, HR als BL, AM.AR dan ME di SPBU Muara Fajar, Jl Yos Sudarso Kota Pekanbaru. Dalam pengeledahan polisi menemukan 4 pucuk senpi rakitan.

Dari keterangan ke empat pelaku ini polisi kembali melakukan penangkapan terhadap, YU di jalan kubang raya.

Para pelaku juga mengakui bahwa masih ada komplotannya di Kabupaten Rokan Hilir yang masih menyimpan dua pucuk senpi rakitan tersebut.

Atas dasar informasi tersebut, tim gabungan melakukan pengembangan ke Bagan Siapi Api, tepatnya di Jl. Dusun Dalam Sari Kec. Balai Jaya. Dan dilakukan penangkapan terhadap NY.

Dari NY diketahui bahwa mereka merupakan kelompok sindikat sabu bersenjata di Kota Dumai bersama empat  pelaku lainnya (PU, BE, ZUL dan PR).

Tim kemudian berhasil membekuk PU yang mengaku telah menjual sabu ke Palembang

Informasi terus berkembang hingga tim kembali menangkap IP dan ZUL di Kota Dumai dan Kec Tampan, Kota Pekanbaru serta mengamankan 2 pucuk senpi berikut 3 kg sabu dan uang hasil penjualan sabu sebesar 210 juta rupiah.

Dari penangkapan ini polisi mengamankan Barang Bukti berupa 5 senpi jenis revolver rakitan, 1 unit R4 Toyota Inova Nopol BK 228 WW, Pipet kaca berisikan narkotika jenis shabu, 9 unit Handphone berbagai merk.

Hasil pengembangan, Polisi mengamankan BB berupa narkotika jenis shabu seberat 2 kg dalam kemasan teh cina dan 10 paket shabu seberat lebih kurang 1 kg, 1 pucuk senpi revolver rakitan, 1 senpi pistol S&W kaliber 45 berikut 62 butir peluru berbagai kaliber, serta uang tunai senilai 210 juta.

Beberapa waktu yang lalu, dikatakan Kapolda Agung, jajarannya juga berhasil amankan 24 kg shabu diatas sebuah truk di dumai.

“Itu milik kelompok Medan yang dikendalikan Adit (Napi, red) di LP Gobah.  Marno dan komplotannya  mengetahui ada barang masuk, mereka mengambil alih, mengejar truk yg membawa 46 kg sabu dengan menembak ke udara sebanyak dua kali di Bukit Kapur Dumai pada 26 September 2020 lalu”, terang Pati Bintang Dua Polri tersebut.

 “Dua kelompok ini adalah bandar  yang saling berebut narkoba, tentu harus lebih waspada bahwa sekarang bandar dan kelompoknya telah mempersenjatai diri dan juga melindungi diri jika sewaktu waktu di tangkap. Kita juga temukan fakta bahwa salah satu pelaku berprofesi sebangai lawyer, artinya bahwa bandar narkoba melindungi dirinya secara hukum”, kata Kapolda Agung lagi.

 Atas perbuatannya, Kapolda menyebut bahwa para pelaku dijerat Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) UU RI NO 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan Ancaman Hukuman mati atau penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun.

Kapolda juga menegaskan bahwa pihaknya akan terus lakukan pendalaman dan mengejar pelaku lainnya.  Ia juga dan berharap masyarakat bisa memberikan informasi dengan cara mengirimkan pesan ke hotline 08117523131./*/dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.