Kami sampaikan kabar untuk anda

Musim hujan, awas nyamuk. Usir dengan tanaman hias ini

Detikriau.org – Gigitan nyamuk tidak hanya menyebabkan timbulnya gatal pada kulit bahkan juga nyamuk kerab membawa berbagai bibit penyakit, seperti misalnya Demam Berdarah Dengue (DBD).

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang memanfaatkan berbagai bahan kimia yang bisa didapatkan cukup mudah juga dengan harga relative terjangkau. Namun sayangnya pemanfaatan bahan-bahan kimia secara terus menerus akan berdampak tidak baik untuk kesehatan.

Padahal ada cara-cara yang lebih alami, misalnya dengan memanfaatkan berbagai tumbuh-tumbuhan. Aroma yang dikeluarkan oleh tanaman tertentu sangat tidak disukai nyamuk dan cenderung akan menghindarinya.

Mengutip wolipop.detik.com, sebelas jenis tanaman hias ini bisa menjadi alternatif pengusir nyamuk, daripada harus menyemprot atau menggunakan obat nyamuk bakar.

1. Lemon Balm

lemon balm (melissa) herb in flowerpot with name tagLemon balm, tanaman hias pengusir nyamuk. Foto: iStock

Tanaman hias pengusir nyamuk yang satu ini memiliki bunga putih dan aroma lemon yang lembut serta beberapa manfaat untuk menyembuhkan. Lemon balm sangat baik untuk mengusir nyamuk, selain itu juga penanamannya cepat sehingga kamu harus perhatikan selalu agar tidak keluar dari area luar lainnya.

2. Catnip

Giant catnip (Nepeta grandiflora)A similar pictures from my portfolio:Catnip, tanaman hias pengusir nyamuk. Foto: iStock

Tanaman hias ini dapat ditemukan dan tumbuh di mana saja dengan jumlah yang banyak baik sebagai tanaman komersial dan gulma. Sangat mudah untuk dirawat bahkan bisa merambat ke tumbuhan lain, ini adalah tanaman pengusir nyamuk yang luar biasa dan direkomendasikan BBG. Sebuah penelitian di Lowa State University menyatakan bahwa tanaman ini sepuluh kali lebih efektif daripada DEET, bahan kimia yang digunakan pada sebagian besar obat pengusir serangga.

3. Basil atau Kemangi

Selective focus image of some green basil plants in an old terracotta pot.Basil, tanaman hias pengusir nyamuk. Foto: iStock

Kemangi berfungsi sebagai pembasmi hama karena bau menyengat yang dikeluarkan bisa membuat hama tidak tahan. Semua jenis kemangi bekerja untuk menjaga agar bebas dari lalat dan nyamuk. Untuk merawatnya harus tetap dijaga kelembabannya dan membutuhkan drainase yang baik juga mendapatkan banyak sinar matahari.

4. Lavender

lavender flowers on windowsilllavender, tanaman hias pengusir nyamuk. Foto: iStock

Menebarkan wangi indah yang berasal dari minyak atsiri pada daun tanaman ini membuat serangga enggan menghancurkan tanaman Lavender. Bahkan ada pendapat yang menyatakan lavender menghilangkan kemampuan nyamuk untuk mencium aromanya. Tanaman ini sangat kuat dan tahan lama hanya saja dibutuhkan sinar matahari dan drainase yang baik. Dia bisa bertahan di banyak iklim dan tumbuh subur di daerah yang lebih hangat.


5. Papermint

Tanaman hias pengusir nyamukPepermint, tanaman hias pengusir nyamuk Foto: iStock

Mint adalah pilihan tanaman hias pengusir nyamuk, lalat bahkan semut. Karena tanaman ini tidak beracun, semakin tajam aromanya, semakin ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman hias yang bisa diletakkan di dalam ruangan atau di kamar ini bisa dijadikan sebagai pengusir serangga secara alami di rumah kamu.


6. Sereh

Lemon grass, selective focusLemon grass atan sereh, tanaman hias pengusir nyamuk. Foto: iStock

Dikenal karena baunya yang berbeda, sereh adalah bahan alami yang paling umum digunakan untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini adalah yang paling efektif untuk mengusir hama dan instalasi pemeliharaannya yang rendah baik digunakan pada perkebunan yang besar karena tidak tahan terhadap embun beku, tapi bisa juga ditanam langsung di daerah tropis.


7. Sage

Fresh sage and other herbs on display at a farmer's market.Sage, tanaman hias pengusir nyamuk. Foto: iStock

Tanaman hias lainnya yang dapat mengusir nyamuk adalah sage. Sage dapat dikeringkan dan digunakan untuk membuat semprotan serangga dengan membuatnya sendiri.

8. Rosemary

Pots with rosemary on tableRosemary, tanaman hias pengusir nyamuk. Foto: iStock

New York Botanical Garden dan Plantshed merekomendasikan Rosemary sebagai pengusir nyamuk yang ampuh. Rosemary memiliki aroma kayu sehingga membuat nyamuk terbang. Tanaman ini tumbuh dengan baik di semua iklim , selain itu juga bisa digunakan untuk bumbu masakan.

9. Marigold

Calendula. Flowers with leaves isolated on whiteCalendula atau marigold, tanaman hias pengusir nyamuk. Foto: iStock

Bunga tahunan yang mudah tumbuh untuk memancarkan aroma yang mencegah nyamuk ada disekitarnya. Menurut NYBG tanaman Marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk tapi juga bisa mencegah kutu daun, thrips, lalat putih, kumbang kacang meksiko dan lainnya.

10. Aroma Geranium

Beautiful light pink geraniumGeranium, tanaman hias pengusir nyamuk. Foto: iStock

Aroma geranium tampaknya menjadi tanaman pengusir nyamuk yang populer. Direkomendasikan oleh PlantShead, BBG dan NYBG, aroma lemon yang dikeluarkannya seperti sereh dan membuat nyamuk tidak suka. Tanaman ini tumbuh dengan cepat di iklim yang hangat, cerah dan kering tetapi bisa juga di iklim dingin.

11. Allium

Lush flowering chives in the garden. Spring vegetable garden.Allium, tanaman hias pengusir nyamuk.. Foto: iStock

Umbi ini termasuk bawang putih dan bawang bombay mengeluarkan aroma kuat yang tidak disukai nyamuk. Bunga allium berbentuk bola yang aneh dan tampaknya mengambang di atas batang yang panjang dan ramping. Tanaman hias ini ampuh sebagai pengusir nyamuk.

Itulah 11 tanaman hias pengusir nyamuk yang bisa kamu tanam di rumah, ada yang bisa di dalam ruangan atau di kamar. Selamat mencoba.

Sedia tanaman daun mint murah. kontak WA 0852 6315 9570

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.