Kami sampaikan kabar untuk anda

Peringati Hari Pahlawan, Kapolres dan Forkopimda Inhil Ziarah Makam Yudha Bhakti

Tembilahan, detikriau.org — Kapolres Inhil bersama Forkopimda melaksanakan kegiatan ziarah makam pahlawan dalam rangka memperingati hari pahlawan di Taman Makam Pahlawan Yudha Bhakti, jalan Telaga Biru Tembilahan, Inhil, Selasa, (10/11/2020) sekira pukul 07.30 Wib.

Bertindak selaku pimpinan ziarah Bupati HM Wardan, dan Perwira Upacara Kapten Inf. Riswanto serta komandan upacara Letda Inf. Nanang.

Bupati Inhil HM Wardan menyampaikan sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan para pahlawan, dilaksanakan dua agenda, diantaranya ziarah makam pahlawan di Makam pahlawan Yudha Bakti Tembilahan Hulu dan makam pahlawan M Boya di Enok.

“Sebagai penghormatan atas segala bentuk perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan tentunya melalui momentum Hari Pahlawan ini kita berharap agar bagaimana seluruh masyarakat ini bisa terus mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan pahlawan terdahulu,” ujar Bupati.

Ditambahkan, upaya dalam mengisi kemerdekaan diantaranya dengan melaksanakan kegiatan positif yang membawa kemajuan bangsa dan Negara. Atas momentum ini, HM Wardan juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Pahlawan kepada masyarakat Inhil.

“Selamat Hari Pahlawan, semoga momentum ini bisa membangkitkan semangat kepahlawanan, semangat nasionalisme, dan semangat cinta tanah air,” katanya.

Ditempat yang sama, Kapolres Inhil AKBP Dian Setyawan mengatakan melalui peringatan Hari Pahlawan mengajak masyarakat untuk menauladani para pahlawan yang telah tanpa pamrih berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

“Tentu pahlawan sekarang berbeda dengan pahlawan dengan saat merebut dan mempertahankan kemerdekaan 75 tahun silam. Pahlawan sekarang harus dimulai dari diri sendiri dengan belajar lebih giat agar ilmu yang didapat dapat berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, Bangsa dan Negara Indonesia,” terangnya.

Kasdim Letkol Inf. Untung Kusmanto menyebutkan tujuan dari ziarah ini, tidak lain untuk mendoakan dan menghormati para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan bangsa Indonesia, serta mengenang para pendahulu yang telah merintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia.

“Indonesia tidak akan jadi seperti sekarang ini tanpa perjuangan para pahlawan. Namun, setelah perjuangan para pahlawan, selanjutnya adalah tanggung jawab warga Indonesia sendiri,” kata Kasdim.

Kegiatan tersebut turut dihadiri DPRD Inhil Edi Haryanto Sindrang, Kepala Kejaksaan Negeri Inhil Rini Triningsih, Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan Nurmala Sinurat, Ketua Pengadilan Agama Tembilahan Endang Rosmala Dewi, Sekda Inhil Drs. H. Fauzar, Dansub Den Pom I/3-2 Tembilahan, Kapten CPM Andy, Para PJU Polres Inhil dan Kodim 0314/Inhil dan para Veteran dan Purnawirawan Inhil.

Rangkaian kegiatan ziarah mengheningkan cipta, peletakan karangan Bunga oleh Pimpinan ziarah rombongan, penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan dipimpin oleh pimpinan ziarah dilanjutkan dengan pemberian tali asih terhadap veteran dan janda veteran, terakhir tabur bunga oleh Forkopimda Inhil./*/dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.