Kami sampaikan kabar untuk anda

Menapak dari Unit Usaha Perdagangan dan Jasa, BUMDes Iliran Gemilang Programkan Garap Sektor Pertanian dan Perkebunan

Gaung Anak Sera, detikriau.org – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pembangunan usaha ekonomi mereka.

Disamping itu, keberadaan BUMDes juga memberikan tambahan pemasukan  bagi peningkatan sumber Pendapatan Asli Desa (PADes), yang memungkinkan desa mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal.

Seperti pada BUMDes Iliran Gemilang Desa Sungai Iliran, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Dalam menjalankan unit usahanya mengusung visi mewujudkan kemandirian desa melalui pembangunan ekonomi yang bermartabat sesuai tata nilai budaya dan kelestarian lingkungan, demi terwujudnya desa yang berdikari, mandiri, demokrasi dan sejahtera.

Kemudian misinya, menggali dan mengembangkan potensi-potensi perekonomian desa dalam upaya peningkatan PADes dan penciptaan lapangan kerja, melestarikan dan mengembangkan budaya lokal agar memiliki nilai tambah secara ekonomi.

Disamping itu, BUMDes juga menjadi pelopor pembangunan ekonomi desa yang berorientasi pada pelestarian lingkungan hidup, mengembangkan jaringan kemitraan dalam rangka membangun perekonomian desa berdasarkan prinsip-prinsip BUMDes, meningkatkan peran masyarakat dalam pembangunan perekonomian desa, memberikan pelayanan terbaik terhadap pemenuhan kebutuhan ekonomi rumah tangga masyarakat desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi daerah yang berbasis pada potensi desa dan berorientasi pada kearifan lokal.

Sedangkan tujuan dari berdirinya BUMDes Iliran Gemilang, yakni mendukung penguatan kegiatan usaha masyarakat dalam menjalani kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki potensi di bidang peningkatan usaha masyarakat, mewadahi dan membina masyarakat dalam kegiatan usaha sehingga menjadi sumber penghasilan yang mampu menumbuhkan motivasi dan inovasi dalam dunia usaha, meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat melalui kegiatan usaha yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan, serta mempererat tali silaturahmi antar masyarakat melalui suatu wadah kegiatan yang positif dan produktif dalam BUMDes.

Adapun jenis kegiatan usaha yang berjalan saat ini, yaitu Unit Usaha Perdagangan yang menyediakan kebutuhan material bangunan desa dan masyarakat, serta Unit Usaha Penyediaan Sewa Jasa Transportasi Air “Pompong” untuk pengangkutan hasil perkebunan/pertanian dan kegiatan ekonomi lainnya sesuai dengan potensi desa.

Sementara jenis kegiatan usaha yang rencananya akan dikembangkan ke depan, diantaranya Unit Usaha Penampungan Hasil Pertanian/Perkebunan Masyarakat berupa kelapa dan pinang, yang memang menjadi unggulan dan potensi ekonomi desa selama ini.

Untuk diketahui, jalannya BUMDes Iliran Gemilang yang terletak di Jalan Tenaga Baru Desa Sungai Iliran ini, dikelola oleh pengurus yang telah ditetapkan melalui Keputusan Kepala Desa Nomor : kpts.10/SI/VII/2019 Tanggal 03 Juli 2019, yang terdiri dari Penasehat/Komisaris Ahmad Sukri, Direktur Junaidi, Sekretaris Abd Rahman dan Bendahara Siti Aminah. Sedangkan Pengawas diketuai oleh M Syafri dan Sekretaris Nahriati./*

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.