Dibawah Komando “Srikandi”, BUMDes Amanah Bertekat Menjadi Lembaga Usaha Desa Berkualitas

Gaung Anak Serka, detikriau.org – Melalui Visi “Menjadikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amanah Bersama sebagai lembaga usaha desa yang berkualitas, yang mampu melayani masyarakat untuk mencapai kesejahteraan bersama”, Badan Usaha Milik Pemerintahan Desa Kuala Gaung Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) Kabupaten Inhil ini mulai menapak Unit Usaha disektor perdagangan.

Unit-unit usaha ini berupa penyediaan saprodi, Penampungan pucuk nipah dan penyediaan kebutuhan Gas LPG untuk kebutuhan masyarakat Desa.

Dengan Misinya, BUMDes Amanah Bersama mengolah potensi desa agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat, memfasilitasi kelompok tani untuk meningkatkan organisasi, menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk kemajuan BUMDes, serta mengembangkan potensi ekonomi desa sebagai kekuatan dalam mengembangkan usaha.

Direktur BUMDes Amanah Bersama, Dahlia Susanti menyebutkan bahwa pendirian BUMDes ini ditujukan untuk meningkatkan dan mempermudah penjualan dan penampungan hasil pertanian atau perkebunan masyarakat, kemudian berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), membuka lapangan kerja, meningkatkan pengolahan dan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi perdesaan.

Berlandaskan Keputusan Kepala Desa Nomor : Kpts.39/KG/IV/2019 Tanggal 12 April 2019 Tentang Penetapan Pengurus BUMDes Amanah Bersama, Dahlia menerangkan, selain dirinya yang diamanahi menjabar selaku Direktur, Penasehat/Komisaris BUMDes milik Desa Kuala Gaung ini diamanahkan kepada H Syarif, selanjutnya Sekretaris Khairunnisa, Bendahara Razali, serta Pengawas yang diketuai oleh H Syarif, Wakil Ketua Hanafi, Sekretaris Muhammad Yani dan Anggota Tibul Eliyas.

Untuk sekedar mengabarkan, BUMDes merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi mereka.

Disamping itu, keberadaan BUMDes juga diharapkan mampu memberikan tambahan bagi peningkatan sumber Pendapatan Asli Desa (PADes), yang memungkinkan desa lebih mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal./*

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.