Kami sampaikan kabar untuk anda

PN Tembilahan gugurkan permohonan praperadilan Tsk Z

“Z didugakan telah melakukan tindak pidana keimigrasian dan dikenakan pasal 126 huruf c Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP”

Tembilahan, detikriau.org – Pengadilan Negeri (PN) Tembilahan menggugurkan permohonan YPS Law Office atas gugatan praperadilan penetapan status tersangka terhadap Z dalam kaitan kasus tindak pidana keimigrasian pada sidang pada rabu, 4 november 2020.

“Menyatakan permohonan Praperadilan pemohon gugur dan membebankan biaya perkara kepada Pemohon.” Putuskan Hakim Tunggal, Arif Indriyanto, S.H., M.H.

Dengan adanya putusan tersebut, maka langkah Imigrasi Tembilahan dalam hal ini Tim Penyidik PPNS yang sebelumnya menetapkan terdakwa Z sebagai tersangka dinilai sudah benar dan sesuai prosedur sehingga dinyatakan sah demi hukum.

Ketua Tim Penyidik PPNS Imigrasi Tembilahan, Deny Haryadi menyatakan sambutan positif.

“Ini langkah yang baik untuk kami selaku Penyidik dalam hal proses penegakan hukum. Kami menyambut  baik dan berusaha untuk tetap professional dan mentaati SOP dalam hal pengawasan dan penegakan hukum khususnya di bidang keimigrasian”, ungkap Deny kepada wartawan di Tembilahan.

Gugatan praperadilan oleh Z ini sebelumnya dikuasakan melalui tim penasihat hukumnya YPS Law Office dengan melayangkan gugatan terhadap Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tembilahan. Gugatan tersebut ditujukan ke Pengadilan Negeri Tembilahan untuk melakukan peninjauan kembali perihal penetapan status tersangka terhadap kliennya.

Z didugakan telah melakukan tindak pidana keimigrasian dan dikenakan pasal 126 huruf c Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah).

Sehubungan dengan gugatan tersebut, sebelumnya Kepala Kantor Imigrasi Tembilahan, Najarudin Safaat, melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi, Himawan Yuniansyah Sugiono menyatakan bahwa Praperadilan merupakan proses hukum yang dapat ditempuh setiap orang dalam rangkaian proses pro Justitia dan diatur Undang undang.

“Pengajuan dan pencabutan permohonan praperadilan merupakan hak tersangka, kami selaku termohon menghormati keputusan yang diambil dan tidak mengintervensi setiap tindakan tersangka,” ujar Himawan pada kamis (15/10) yang lalu.

Dikatakan Himawan, terkait materi gugatan praperadilan yang diajukan Tim penasihat Hukum Z, selaku Tim Penyidik PPNS dirinya sudah melaksanakan proses penyelidikan dan penyidikan hingga pelimpahan berkas ke Kejaksaan Negeri Tembilahan dengan menjunjung tinggi profesionalitas dengan mengacu kepada aturan perundang-undangan yang berlaku.

Pemeriksaan terhadap tersangka Z dipastikan dilakukan dengan mengedepankan azas praduga tak bersalah.

“mulanya Z kami periksa sebagai saksi atas tersangka K alias AK, kemudian seiring berjalannya proses penyidikan kami tingkatkan statusnya dari saksi menjadi tersangka. Tentunya proses tersebut berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” lanjut Himawan.

Untuk sekedar mengingatkan, gugatan praperadilan tersangka Z diajukan pada 9 oktober 2020 dengan materi gugatan berkaitan dengan penetapan Z sebagai tersangka, penangkapan dan penahanan serta dalam dugaan tindak pidana keimigrasian, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 126 huruf C UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Kantor Wilayah Riau Cq. Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tembilahan dengan nomor perkara Praperadilan : 1/Pid.Pra/2020/PNTbh./dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.