Kami sampaikan kabar untuk anda

Dirikan BUMDes, Desa Pulau Kecil Harapkan Peningkatan Ekonomi Masyarakat

“Galeri Foto”

Reteh, detikriau.org — Pemerintah Desa (Pemdes) Pulau Kecil, Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang diberi nama Tanjung Raya dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan pendapatan masyarakat sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa.

Visi dari BUMDes Tanjung Raya ini adalah mewujudkan masyarakat yang adil makmur serta menjadikan masyarakat yang memiliki kepribadian taat kepada aturan agama dan negara. Sedangkan Misinya, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, membangun agribisnis yang berbasis kelompok, memberikan peluang bisnis kepada masyarakat serta memajukan Sumber Daya Alam (SDA).

Secara umum BUMDes didirkan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa melalui pengembangan usaha ekonomi produktif. Sedangkan secara khusus, bertujuan membantu kesejahteraan masyarakat dan dapat membuka lapaangan pekerjaan, sehingga bisa mengurangi jumlah pengangguran, membantu perekonomian desa dan menambah PADes.

Untuk jenis kegiatan usaha yang sedang dijalankan BUMDes Tanjung Raya saat ini, yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam, yang memberikan pinjaman modal kepada masyarakat yang membutuhkan. Sementara kegiatan usaha yang rencananya akan dikembangkan, yakni Unit Usaha Jasa Fotocopy.

Susunan kepengurusan yang telah ditetapkan melalui Keputusan Kepala Desa Nomor : 01/PLK/II/2016 Tangggal 12 Februari 2016 tentang Susunan Kepengurusan BUMDes Tanjung Raya periode 2016-2021 Desa Pulau Kecil, yang terdiri dari Komisaris Muhammad Pawit, Direktur Kastam, Sekretaris Ismail, Bendahara Jumaidah, Kepala Unit Usaha Simpan Pinjam Jumaidah, Kepalaa Tata Usaha Ismail, Kasir Siti Aisyah, Ketua Dewan Pengawas H Saring, Wakil Ketua H Nawawi dan Sekretaris M Jais.

Untuk diketahui, potensi perekonomian yang ada di Desa Pulau Kecil, diantaranya perkebunan kepala lokal dan sawit, serta pinang./adv

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.