Kami sampaikan kabar untuk anda

Berdiri Sejak 2017, BUMDes Sanglar Gemilang Emban Amanah Tingkatkan PADes dan Pendapatan Masyarakat

Reteh, detikriau.org – Sebelum terbentuknya BUMDes Sanglar Gemilang di Tahun 2017, Desa Sanglar yang terletak di Kecamatan Reteh, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) ini sudah mempunyai unit usaha yang merupakan cikal bakal BUMDes. Kegiatan BUMDes tersebut dinaungi oleh Program Pemberdayaan Desa Pemerintah Provinsi Riau, yang bergerak di bidang Usaha Unit Simpan Pinjam.

Pemerintah Desa Sanglar selanjutnya mendirikan BUMDes Sanglar Gemilang dengan dasar hukum Peraturan Desa (Perdes) Nomor 6 Tahun 2016 guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes) dan pendapatan masyarakat Desa Sanglar sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa Sanglar.

BUMDes ini mengemban visi dan misinya, meningkatkan PADes dan pendapatan masyarakat desa, menjadi perintis kegiatan usaha yang sesuai dengan potensi desa, mengoptimalkan fungsi aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan desa bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak, membuka lapangan kerja, mengembangkan rencana kerjasama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga, serta menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga.

Kegiatan usaha yang sedang dijalankan BUMDes Sanglar Gemilang saat ini, yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam. Sementara kegiatan usaha yang direncanakan kedepannya, yakni Unit Usaha Air Galon, Unit Usaha TV Kabel, Unit Usaha Plantar atau Jual Beli Kelapa dan Unit Usaha Lapak Pasar.

Untuk diinfomrasikan,  pengurus yang telah ditetapkan melalui Keputusan Kepala Desa Nomor : Kpts.21/PEM-S/I/2016 Tanggal 26 September 2016 Tentang Pembentukan BUMDes, yang terdiri dari Komisaris Alfian T, Direktur Firdaus, Sekretaris Siti Hafsah, Bendahara Hasniwati, Kepala Unit Usaha Ahmad Muhatdin, Kepala Tata Usaha Arman, Kasir Hasniwati, Staf Analisis Kredit Tamsir, Ketua Dewan Pengawas Sudirman dam Wakil Ketua Jalaludin.

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.