Kami sampaikan kabar untuk anda

Ungkap dua kasus penyalahgunaan narkotika, Polda Riau sita 36 kg shabu

Foto: Arsip Polda Riau

Pekanbaru, detikriau.org – Polda Riau berhasil mengungkap dua kasus penyalahgunaan narkotika jenis shabu  seberat 36 Kg.

Kasus pertama diungkap pada senin (12/10) dan diamankan 20 kg shabu. Sedangkan kasus kedua diungkap pada senin (23/10) dengan barang bukti shabu seberat 20 kg.

Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Effendi dalam rilis pers, sabtu (24/10)  menerangkan bahwa pengungkapan kasus pertama berawal saat  tim melakukan pengejaran sebuah mobil Avanza putih dengan Nopol BM 1236 RX pada senin (12/10) sekira pukul 08.20 Wib yang dikendarai oleh dua orang tersangka AG dan SY.

Namun saat mobil berhasil dihadang petugas, kedua tersangka kabur dengan cara melarikan diri masuk ke dalam hutan dan meninggalkan kendaraan yang ditumpanginya. Dari hasil penggeledahan oleh petugas, didalam mobil ditemukan tiga buah tas ransel yang berisikan shabu seberat 20 kg.

Petugas segera melakukan pemburuan terhadap kedua tersangka yang melarikan diri.

Tiga hari berselang, tepatnya pada kamis (15/10) tim berhasil melacak keberadaan kedua tersangka yang saat itu sedang berada di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.

“Kedua tersangka ini berencana melarikan diri ke negeri jiran Malaysia secara illegal. Keduanya kemudian berhasil diamankan,”disampaikan Kapolda.

Namun pada saat dilakukan pengembangan ke Kota Dumai, lanjut Kapolda, tersangka berusaha melarikan diri sehingga petugas melakukan tindakan tegas terukur terhadap keduanya lalu dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polres Dumai.

“Setelah mendapatkan penanganan medis, kedua tersangka dibawa ke kantor Ditresnarkoba Polda Riau untuk dilakukan pemeriksaan.”ditambahkan Irjen Agung

Diteruskan Irjen Agung, untuk kasus kedua, pengungkapan berawal dari informasi yang diterima petugas akan adanya transaksi shabu diwilayah kota Pekanbaru pada jumat (23/10) sekira pukul 16.00 Wib.

Menerima informasi, tim dari Direktorat Narkoba langsung bergerak melakukan penyelidikan.

Selanjutnya sekitar pukul 19.00 wib, tim melihat mobil mencurigakan berjenis Opel Blazer warna Hitam plat nomer BM 1306 VW. Sebelum berhasil diringkus, sempat terjadi aksi kejar-kejaran dan petugas melakukan beberapa kali tembakan kearah mobil dan melukai tersangka.

Namun mobil  yang ditumpangi dua orang tersangka, HW (51) seorang wiraswasta dan IZ (55) seorang oknum polisi berpangkat kompol ini masih berusaha untuk kabur hingga menabrak beberapa kendaraan lainnya.

“Mobil berhadil dihentikan di jalan Soekarno Hatta/Arengka (tepatnya di depan Showroom Arengka Auto Mall Pekanbaru), dan petugas berhasil menangkap para tersangka beserta barang bukti narkoba jenis sabu dalam kemasan teh,” Sebut Irjen Agung.

Dari keterangan tersangka HW, shabu seberat 16 kg ini sebelumnya diantar oleh HR yang saat ini sudah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Dikatakan Irjen Agung, para tersangka dijerat Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) UU RI NO 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan Ancaman Hukuman mati atau penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun.

“Terimakasih saya sampaikan kepada masyarakat yang telah memberikan informasi berharga ini sehingga bisa kita tindaklanjuti dengan pengungkapan kasus ini. Polda Riau bersama seluruh jajaran akan terus melakukan upaya pengungkapan peredaran narkoba ini”, akhiri Irjen Agung./dro

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.