Kami sampaikan kabar untuk anda

BUMDes Bina Lestari Komitmen Terus Berkontribusi Dalam Pembangunan dan Perekonomian Masyarakat Desa

“Galeri Foto”

GAUNG, detikriau.org — Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bina Lestari Desa Lahang Hulu, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan daerah dan peningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Berdiri dari hasil Musyawarah Desa tentang Pembentukan BUMDes dan Peraturan Desa (Perdes) yang diterbitkan pada tanggal 30 Maret 2016 lalu ini, BUMDes Bina Lestari menjalankan Unit Usaha Simpan Pinjam yang memberikan pinjaman dan menerima simpanan masyarakat, serta Unit Usaha Pengolahan Air Terpadu yang melayani air galon isi ulang dan air layak pakai untuk mandi/cuci yang berkantor di Jalan Kesehatan Desa Lahang Hulu.

Kedepan, BUMDes Bina Lestari merencanakan pengembangan unit usaha Kelapa Terpadu (kopra, arang tempurung, serat panjang kelapa/cocobristle, serat pendek kelapa/cocofiber, serbuk kelapa/cocopeat, nata coco), Unit Usaha Pembiayaan (simpan pinjam, token listrik, pulsa, transfer, pembayaran kredit), Unit Usaha Pengolahan Air Terpadu (air gelas kemasan), Unit Usaha Penjualan/Perdagangan (penjualan LPG, penjualan material/produk, pertanian/perikanan, penjualan sembako), Unit Usaha Transportasi (kapal pengangkutan hasil perkebunan, speedboat umum dan carteran), serta Unit Usaha Wahana Anak-anak (jasa sewa mainan mobil dan sepeda motor, rumah balon).

Kepengurusan BUMDes Bina Lestari, terdiri dari Direktur Abdul Rabbi, Sekretaris Hendriono dan Bendahara Muryono. Kemudian, Ketua Unit Usaha Simpan Pinjam Rosmarina, Tata Usaha Weni Anasari, Kasir Wina dan SAK Hajeral Endang N. Sedangkan Unit Usaha Pengolahan Air Terpadu, kepengurusannya untuk sementara ditangani oleh pengurus BUMDes hingga unit usaha tersebut berjalan normal. Selanjutnya, Pengawas diketuai oleh Abdul Rachman, Wakil Ketua Ali Aman.

Untuk diketahui, potensi perekonomian yang ada di Desa Lahang Hulu, diantaranya Kelapa Lokal, Kelapa Sawit dan Pinang./adv

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.