Kami sampaikan kabar untuk anda

RCommunity dan PWI Meranti hadiakan rumah baru untuk mbah Sukini

“Sebelumnya, pembangunan rumah yang baru untuk Mbah Sukini dan Pamannya ink telah dilaksanakan melalui swadaya warga setempat, namun tahapan pengerjaan sempat terhenti”

MERANTI (detikriau.org) – Jauh dari kata layak huni. Dinding dan lantai beralaskan papan tampak lapuk termakan usia itu dipayungi rajutan daun rumbia yang rapuh sebagai atap tempat tinggal mantan dukun beranak asal Desa Melai, Kecamatan Pulau Rangsang.

Kondisi hunian yang memilukan itu tampaknya bakal jadi kenangan tersendiri bagi wanita berambut putih dengan tubuh yang tampak telah membungkuk itu. Kini bangunan lapuk dan rapuh sebelumnya itu telah berubah menjadi rumah baru untuk wanita sepuh yang akrab di sapa Mbah Sukini ini.

Kebahagiaan itu tampak dirasakannya bersama seorang buruh tani potong karet yang merupakan Pamannya. Selain tinggal dan hidup serumah bersama Mbah Sukini, pria lansia ini juga diketahui merupakan pemilik rumah tersebut.

Kebahagiaan Mantan Dukun Beranak asal dan Buruh Potong Karet itu tak terlepas dari sentuhan tangan Relawan Komitmen untuk Masyarakat Meranti (RCommunity), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kepulauan Meranti, pihak Kepolisian dan masyarakat yang bersinergi membangun rumah baru untuk Mbah Sukini dan Pamannya ini.

Beberapa waktu lalu, saat RCommunity dan PWI Meranti melakukan kunjungan ke kediaman warga Desa Tenan, Kecamatan Tebingtinggi Barat ini, kondisi bangunan rumah kedua lansia ini tampak sudah tidak layak huni.

“Ini rumah paman saya. Disini saya hanya menumpang,” ujar si Mbah dalam kunjungan RCommunity dan PWI Meranti beberapa waktu lalu.

 “Untuk makan pun saya hanya bertumpu dengan paman saya. Kadang juga datang (makanan, red) dari masyarakat. Sempat juga kami (ia dan pamannya,  red) makan hanya nasi campur garam,” ujar wanita kelahiran Kota Salatiga, Jawa Tengah itu.

Sebelumnya, pembangunan rumah yang baru untuk Mbah Sukini dan Pamannya ink telah dilaksanakan melalui swadaya warga setempat, namun tahapan pengerjaan sempat terhenti.

Melihat kondisi tersebut,  RCommunity dan PWI Meranti berinisiatif melanjutkan progres pembangunan hunian yang belum terselesaikan itu.

“Sekitar 60 persen sudah dibangun atas swadaya masyarakat. Kami bersedia melanjutkan pembangunannya hingga selesai,” ujar Robert Martias, salahsatu Penggerak RCommunity.

Ia menambahkan, material bangunan yang disiapkan untuk melanjutkan konstruksi rumah si Mantan Dukun Beranak ini diantaranya kayu papan, seng, paku, hingga triplek.

“Semua bahan-bahan itu akan kami tanggung. Tinggal kita kerjakan saja bersama-sama. Kita juga akan belikan kasur tidur, sebab selama ini si Mbah tidur hanya beralaskan tikar,”  tutur pria yang juga menggemban jabatan sebagai ketua Komunitas Selatpanjang Gowes United (Sagu) itu.

Tak hanya merangkul masyarakat, dalam aksi peduli terhadap warga di Kota Sagu ini, RCommunity dan PWI Meranti juga telah menggandeng pihak Kepolisian yakni Polres Kepulauan Meranti salah satunya melalui jajaran Polsek Tebingtinggi Barat.

“Kami (RCommunity, red)) juga bersinergi dengan pihak kepolisian. Dan kemarin mereka (pihak Kepolisian, red) juga yang menginformasikan bahwa ada salah seorang warga di Desa Tenan yang rumahnya sudah tak layak huni. Jadi, bersama pihak kepolisian kita bisa saling meringankan beban masyarakat,” tutur Robert.

“Kita (RCommunity dan PWI Meranti , red) langsung mengambil alih progres pembangunan tempat tinggal si Mbah Sukinj hingga selesai, dibantu juga oleh jajaran Polsek Tebingtinggi Barat dan masyarakat setempat,” tambah Robert.

Siap Dihuni Mbah Sukini

Pelaksanaan pembangunan rumah baru Mbah Sukini  yang pekerjaannya berjalan hampir sepekan ini akhirnya telah masuk tahapan finishing dengan progres pelaksanaapekerjaan selesai 100%, dimana pada Sabtu (17/10/2020), hunian tersebut resmi diserahkan kepada pemiliknya.

“Hari ini (Sabtu (17/10/2020), red), kami (RCommunity, red) bersama PWI Meranti dan Kapolsek Tebingtinggi Barat langsung lakukan serah terima bantuan pembangunan rumah baru untuk si Mbah Sukini,” kata Robert.

Pada kegiatan tersebut, Kapolsek Tebingtinggi Barat, IPTU AGD Simamora menyampaikan, secara bergotong-royong, pembangunan rumah baru Mbah Sukini akhirnya terealisasikan.

“Semoga dengan rumah baru ini, Mbah Sukini lebih semangat lagi. Secara umum kita anggap sudah selesai. Lengkap dengan KWH meteran listrik yang sudah terpasang,” sebut pria yang akrab disapa Kapolsek Simamora ini.

Murni Tanpa Embel-Embel

Ketua PWI Kabupaten Kepulauan Meranti, Syamsidir Salim menegaskan,  beragam bantuan yang selama ini disalurkan atas dasar hanya ingin membantu. Hal tersebut dilakukan murni dari hati nurani dan tanpa ada embel-embel apapun.

“Bantuan ini murni disalurkan oleh kami. Tidak ada unsur politik. Jadi bantuan dari kami ini jangan di politisir,” tegas Ketua Syamsidir

Pria yang akrab disapa Atan Syam ini menambahkan, beragam kegiatan sosial telah dilaksanakan sebelumnya. Bantuan-bantuan untuk masyarakat yang membutuhkan juga telah disalurkan.

Sebelumnya, lanjut Atan Syam, ada target di Desa Sesap, Kecamatan Tebingtinggi dan Desa Mekong, Kecamatan Tebingtinggi Barat. Namun, kondisi tempat tinggal Mbah Sukini sangat urgency. Jadi layak untuk didahulukan.

“Ini kondisinya urgency. Jadi kami prioritaskan untuk membantunya terlebih dahulu,” ujar Atan.

Ia berharap, adanya organisasi dan pengusaha lainnya di Kepulauan Meranti yang sudi menyalurkan sebagian dari rezeki mereka untuk masyarakat yang memerlukan bantuan. Terlebih lagi masyarakat kini dihadapkan pada bencana non alam yakni pandemi virus Corona (Covid-19) yang telah berdampak pada sektor perekonomian.

Pada kesempatan tersebut, juga turut dilakukan agenda syukuran atas rumah baru Mbah Sukini dengan dihadiri puluhan warga masyarakat, namun tetap mengedepankan dan melaksakanakan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama,  RCommunity juga menyiapkan puluhan karung beras untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di Desa Tenan.

“Ada sebanyak 35 karung beras dengan berat 5 kilogram setiap karungnya yang juga kita salurkan hari ini,” sebut Robert.

Ia berharap agar bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi Mbah Sukini.

“Semoga Mbah Sukini senantiasa sehat dalam menjalani aktivitas di rumah barunya”, tutup Robert pada kegiatan yang juga turut dihadiri Wakil Ketua PWI Meranti, Pauzi S.Sos, Sekretaris PWI Meranti, Safrizal S.I.Kom, serta beberapa anggota RCommunity,  Polsek Tebing Tinggi Barat dan masyarakat setempat. /*

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.