Kami sampaikan kabar untuk anda

Draf RUU Cipta Kerja yang Beredar belum Final

ANTARA/Hafidz Mubarak A

PEMERINTAH memastikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) urung menyerahkan draf final Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja yang telah disahkan pada Senin (5/10) kepada Presiden Joko Widodo. Dengan begitu, dipastikan pula draf yang beredar di masyarakat bukan salinan yang benar.

“Semua RUU yang beredar pasti belum final, karena DPR belum menyampaikan RUU final ke pemerintah,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Iskandar Simorangkir, Minggu (11/10).

Dia bilang, DPR memiliki waktu 1 minggu untuk merapikan hal-hal teknis dalam RUU Cipta Kerja sebelum diserahkan kepada Presiden untuk disetujui.

Dus, penyampaian naskah final produk hukum gagasan pemerintah itu akan disampaikan pada Senin (12/10).

“Jadi baru besok DPR menyampaikannya. Tunggu besok (draf) aslinya,” ujar Iskandar.

Setelah disahkan oleh DPR, sejumlah kelompok melakukan aksi penolakan produk hukum baru itu. Alasannya, beleid yang ada dalam RUU Cipta Kerja merugikan hak-hak pekerja dan berpotensi merusak lingkungan.

Sementara aparat penegak hukum merespons aksi pada 6-8 Oktober lalu dengan menangkap sejumlah orang yang diduga menyebarkan berita bohong alias hoaks terkait RUU Cipta Kerja.

DPR yang sejatinya mengesahkan RUU itu juga mengaku naskah final belum selesai karena alasan teknis. Publik juga dibuat bingung lantaran naskah RUU Cipta Kerja yang tersebar ada dua versi. Naskah pertama berjumlah 1.028 halaman dan yang kedua 905 halaman.

Sumbermedia indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.