Kami sampaikan kabar untuk anda

BUMDes Karya Mandiri Tumbuh Menjadi Penggerak Perekonomian Masyarakat Desa

“Galeri Foto”

GAUNG, detikriau.org – Memberdayakan masyarakat sendiri, dengan pendekatan operasional menuju masyarakat yang maju, jaya dan sejahtera menjadi pedoman oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Karya Mandiri, Desa Lahang Baru, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dalam membangun masyarakat.

Dengan visi memberdayakan masyarakat yang mempunyai perekonomian maju, jaya dan sejahtera serta misi memberikan pelayanan kepada masyarakat, menggerakkan perekonomian desa, memberikan kontribusi terhadap pendapatan desa dan menciptakan lapangan kerja ini, pembentukan BUMDes Karya Mandiri bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa, berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi desa, memperluas pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, termasuk membuka kesempatan berusaha bagi masyarakat.

Resmi berdiri melalui Peraturan Desa (Perdes) Nomor : 01 tahun 2011 Tanggal 10 Januari 2011, BUMDes Karya Mandiri melaksanakan kegiatannya di Jalan Abdul Gani Hasan Desa Lahang Baru dengan menggerakkan Unit Usaha Simpan Pinjam berupa layanan tabungan dan peminjaman, serta Unit Usaha Layanan Jasa Keuangan/Link BNI yang melayani pembukaan rekening, pengiriman uang, tarik tunai, setor tunai, pembayaran kredit, jual token listrik, pulsa handphone dan multifinance.

Kedepannya BUMDes Karya Mandiri akan mengembangkan Unit Usaha Dagang yang menjual alat-alat pertanian, bibit, racun dan kebutuhan pertanian lainnya.

Susunan kepengurusan BUMDes ini sendiri terdiri dari Penasehat/Komisaris Abdul Rahim, Direktur Linda Wati, Sekretaris Ahmad Saprudin, Bendahara Januarita, Kepala Unit Usaha Simpan Pinjam Hengky Saputra, Kepala Tata Usaha Muhammad Taher, Kepala Unit Usaha Layanan Jasa Keuangan/ Link BNI Wahyuni Utami Putri dan Ketua Unit Usaha Dagang Rusnawi. Sedangkan Pengawas diketuai oleh Sudarmo dan Wakil Ketua H Abdul Hamid Usman.

Untuk diketahui, potensi perekonomian di Desa Lahang Baru adalah di bidang perkebunan kelapa, pucuk nipah dan berbagai macam olahan sagu./adv

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.