Kami sampaikan kabar untuk anda

Jangan Tertipu! 32 Penawaran Ini Investasi Bodong

reporter: CNBC Indonesia

Jakarta – Pandemi Covid-19 tak menghalangi para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. Terbaru Satgas Waspada Investasi menutup 32 entitas investasi bodong.

32 entitas ini disebut bodong karena tidak memiliki izin dari otoritas yang berwenang dan berpotensi merugikan masyarakat karena melakukan penipuan dengan penawaran imbal hasil yang sangat tinggi dan tak wajar.

“Selain itu banyak juga kegiatan yang menduplikasi website entitas yang memiliki izin sehingga seolah-plah website tersebut resmi milik entitas yang berizin,” ujar Togam dalam keterangan pers, Jumat (25/9/2020).

Dari 32 entitas tersebut diantaranya melakukan kegiatan sebagai berikut:

  • 2 Perdagangan Berjangka/Forex Ilegal;
  • 3 Penjualan Langsung (Direct Selling) Ilegal;
  • 2 Investasi Cryptocurrency Ilegal;
  • 25 lainnya.

Salah satu entitas yang diminta ditutup adalah aplikasi Alimama Indonesia (almm.qdhtml.net) yang belakangan ramai diberitakan karena diduga melakukan penipuan dengan modus penghimpunan dana untuk mendapatkan bonus belanja.

Selanjutnya Satgas Waspada Investasi mengimbau kepada masyarakat agar sebelum melakukan investasi untuk memahami hal-hal sebagai berikut:

  1. Memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.
  2. Memastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar.
  3. Memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Daftar Lengkap 32 Investasi Bodong

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.