Kami sampaikan kabar untuk anda

Kashmir Memanas, Perang India-Pakistan Kembali Meletus

Konflik India-Pakistan dalam sengketa wilayah Jammu dan Kashmir kembali memanas. Pasukan Angkatan Bersenjata India (BSS) dan sejumlah personel Angkatan Bersenjata Pakistan (PAF) terlibat baku tembak di perbatasan Kashmir, Rabu 23 September 2020.

Menurut laporan Anadolu Agency yang dilansir VIVA Militer, bentrokan itu adalah yang terbaru dalam serangkaian pertempuran di Garis Kontrol Aktual (LAC) yang melibatkan personel militer India dan Pakistan.

Dalam pertempuran tersebut, dua prajurit Angkatan Bersenjata Pakistan tewas. Menurut keterangan militer Pakistan, kedua korban tewas adalah Prajurit Noor ul Hassan (29) dan Prajurit Waseem Ali (25).

Selain itu, Angkatan Bersenjata Pakistan juga menyebut bahwa pasukan militer India melakukan ribuan kali pelanggaran gencatan senjata. Tercatat, pasukan India melakukan pelanggaran gencatan senjata sebanyak 2.333 kali sepanjang 2020.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata India (BSS)

“Selama baku tembak yang intens, Sepoy (Prajurit) Noor ul Hassan, 29, dan Sepoy Waseem Ali, 25, memeluk syahadat (kemartiran),” bunyi pernyataan Angkatan Bersenjata Pakistan.

“Ada 2.333 pelanggaran gencatan senjata (yang dilakukan) oleh pasukan India pada 2020,” lanjut pernyataan Angkatan Bersenjata Pakistan.

Konflik India-Pakistan yang samas-sama memiliki senjata nuklir ini kian memanas, setelah India membatalkan ketentuan khusus negara bagian Jammu dan Kashmir pada Agustus 2019. Kashmir adalah wilayah mayoritas Muslim yang sebagian dikuasai oleh India dan sebagian milik Pakistan.

Sejak 1947, Perang India-Pakistan yang memperebutkan wilayah Kashmir sudah meletus sebanyak tiga kali. New Delhi dan Islamabad terlibat konflik horizontal pada 1948, 1965, dan 1971./*

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.