Kami sampaikan kabar untuk anda

Tito Geram, Awal September Realisasi APBD di Bawah 45%

“Kalau belanjanya tidak terserap otomatis peredaran uang di masyarakat berkurang karena dalam situasi kondisi saat ini belanja pemerintah jadi belanja yang paling utama untuk mendorong ekonomi baik pusat dan daerah,”

Foto: Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta — Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan realisasi terkini anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) provinsi dan kabupaten/kota. Tito mengklaim terjadi akselerasi dalam realisasi anggaran daerah.

“Per 2 September 2020, Kamis, provinsi sudah naik menjadi 44% dari 37%, kemudian kabupaten/kota meningkat dari 37% menjadi 42%,” ujarnya dalam keterangan pers di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (4/9/2020).

Menurut Tito, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus mendorong agar realisasi belanja daerah betul-betul dilaksanakan. Sebab, rentang ke akhir tahun tinggal empat bulan lagi.

“Kalau belanjanya tidak terserap otomatis peredaran uang di masyarakat berkurang karena dalam situasi kondisi saat ini belanja pemerintah jadi belanja yang paling utama untuk mendorong ekonomi baik pusat dan daerah,” kata Tito.

Dalam kesempatan yang sama, Tito menekankan, dalam mencegah Covid-19, Kemendagri memperkuat sosialisasi 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Salah satunya adalah program Gebrak Masker di berbagai daerah hasil kerja sama dengan PKK, TNI, Polri, dan elemen lain.

Kemudian, sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, pemerintah menginstruksikan agar ada peraturan daerah dibuat. 

”Ini lebih dari 20 daerah sudah memiliki perda atau perkada provinsi dan lebih dari 200 daerah perda perkada dengan adanya sanksi. Di antaranya sanksi social work, administrasi, dan denda,” kata Tito.

CNBC Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.