Kami sampaikan kabar untuk anda

Mulai pekan depan WNI dan sejumlah warga Negara berikut ini dilarang masuk ke Malaysia

Malaysia memberlakukan larangan masuk bagi warga dari negara-negara yang memiliki kasus virus corona (Covid-19) lebih dari 150.000 kasus. Larangan itu akan mulai berlaku pekan depan.

“Pemerintah akan memberlakukan larangan masuk mulai Senin depan (7/9/2020) pada negara-negara yang telah mencatat lebih dari 150.000 kasus Covid-19,” kata Menteri Senior Ismail Sabri Yaakob dikutip dari Bernama, Jumat (4/9/2020).

Itu berarti Amerika Serikat (AS) dan Inggris akan masuk dalam daftar larangan. Selain itu, ini juga berlaku bagi warga Brasil, Prancis, Spanyol, Italia, Arab Saudi, Rusia, dan Bangladesh.

Sebelumnya pada Selasa,  Malaysia telah mengumumkan larangan masuk bagi warga negara Indonesia, India dan Filipina. Aturan yang juga akan dijalankan mulai Senin depan itu juga berlaku bagi mereka yang memiliki izin tinggal jangka panjang.

Aturan itu diumumkan akibat adanya lonjakan kasus Covid-19 di negara-negara tersebut.

“Kami akan menambahkan lebih banyak negara yang dianggap berisiko tinggi, yang memiliki lebih dari 150.000 kasus positif, ke dalam daftar. Warganya akan dilarang (masuk),” jelas Ismail Sabri.

“Namun, untuk kasus darurat atau yang melibatkan hubungan bilateral, seperti jika seseorang perlu datang untuk pertemuan antar negara, kami akan mengizinkan masuk. Tapi itu membutuhkan izin dari Departemen Imigrasi.”

Lebih lanjut, Ismail mengatakan bahwa pemerintah akan tetap mengizinkan warga Malaysia di negara berisiko tinggi untuk kembali ke negara tersebut. Tetapi mereka harus menjalani karantina wajib selama 14 hari.

Malaysia mencatat 9.385 kasus Covid-19 secara akumulatif. Pada Kamis (3/8/2020), negara itu mencatat 11 kasus baru. Angka kematian total 128. Sebanyak 9.092 kasus sudah sembuh.

Artikel ini sudah terbit di laman CNBC Indonesia dengan judul “Terungkap! Malaysia Larang Masuk Warga RI & Negara-negara Ini” / https://www.cnbcindonesia.com/news/20200904153431-4-184456/terungkap-malaysia-larang-masuk-warga-ri-negara-negara-ini

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.