Kami sampaikan kabar untuk anda

Waduh! BI Beri Ramalan Buruk, Ekonomi RI 2020 Minus 4,9%

Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

Jakarta — Bank Indonesia (BI) memasang target pertumbuhan ekonomi tahun 2020, dengan kontraksi mencapai -4,9%. Jauh lebih pesimistis dari target pertumbuhan ekonomi pemerintah yang dipasang dalam rentang -1,1% hingga 0,2% pada tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo saat melakukan rapat dengan Banggar DPR, Selasa (1/9/2020). Target pertumbuhan yang lebih pesimistis dari target pemerintah tersebut, kata Perry sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi oleh berbagai lembaga internasional.

“Terlihat dari berbagai indikator, maupun naiknya PMI manufacturing dan proyeksi lembaga dunia, sehingga secara keseluruhan kami melihat kalau tahun ini kontraksi pertumbuhan ekonomi sekitar 4,9% pada 2020,” jelas Perry, Selasa (1/9/2020).

Seperti diketahui, IMF pada bulan April-Maret lalu memperkirakan ekonomi Indonesia tahun 2020 tumbuh 0,5%, kemudian pada proyeksi terakhir pada bulan Juni, Indonesia hanya tumbuh -0,3%. Ada juga Bank Dunia atau World Bank yang tadinya memperkirakan antara -3,5% hingga positif 2,1% pada 2020, direvisi menjadi 0%.

OECD yang tadinya memperkirakan perekonomian Indonesia tahun ini tumbuh 4,8%, direvisi proyeksinya menjadi -3,9%.

Lebih lanjut, tahun pada 2021, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan tumbuh pada kisaran 4,8% hingga 5,5%, lebih tinggi dari target pemerintah yang mencapai 4,5% – 5,5% pada 2021.

“Memang ekonomi China kemungkinan akan pulih lebih awal. Sementara negara lain memerlukan waktu dan baru pulih pada 2021. Pasar keuangan, dan ketidakpastian masih berlanjut, karena covid-19 maupun prospek pemulihan ekonomi global dan tensi hubungan dagang AS-China,” jelas Perry.

CNBC Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.