Kami sampaikan kabar untuk anda

Mutasi virus corona, 10x lebih menular ditemukan di Indonesia

Foto: Wabah Virus Corona Timur Tengah, Iran. (Ali Shirband/Mizan News Agency via AP)

Jakarta – Mutasi virus corona Covid-19 yang dinamai D614G disebut 10 kali lebih menular ketimbang virus corona awal dan awalnya menjangkiti Eropa, dan sudah ditemukan di Indonesia.

Mutasi D614G ini dipertama kali dideteksi di Surabaya pada April 2020 tetapi tidak dimaknai apa-apa karena keterbatasan data dan belum menjadi perhatian.

dilansir CNBC Indonesia, Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Amin Soebandrio mengungkapkan dari 5 institusi di Indonesia yaitu di Surabaya, Bandung, Yogyakarta, LIPI dan Eijkman, setidaknya sudah mengirimkan 22 whole genome sequence (WGS) terkait virus corona.

“Ada 5 institusi dari 22 WGS ada 8 yang menggandung mutasi D614G,” ujarnya saat rapat bersama DPR di Jakarta, Senin (31/8/2020).

“Dengan distribusi pada Mei, itu yang dilaporkan Universitas Airlangga dari surat pada April. Kemudian yang 7 adalah belakangan ada dari Tangerang, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta,” terangnya seperti dikutip Selasa (1/9/2020).

Menurutnya, saat ini masih dilakukan uji penelitian untuk mengetahui seberapa luas ini terjadi di Indonesia. Adapun dia menyebut di dunia sudah ada 70% hampir 80% dari isolat Covid-19 yang mengandung mutasi D6146G tersebut.

Selanjutnya, dalam kesempatan yang sama, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN Prof Ali Ghufron Mukti mengatakan jika kabar terkait mutasi ini sangat infeksius lima hingga 10 kali lipat, bahkan ada 1 orang menularkannya ke 45 orang dan sudah ramai diperbincangkan.

“Banyak akhir-akhir ini belum dikaitkan. Yang jelas adalah tingkat infeksius tinggi, apakah menyangkut keparahan itu belum. Seperti yang disebut-sebut ganas, itu belum. Hanya harus waspada,” pungkasnya..*

CNBC Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.