Kami sampaikan kabar untuk anda

Tunaikan Janji, Kapolres Eko Lakukan Mediasi Sengketa Lahan Antara Masyarakat Dan PT RAPP

MERANTI, detikriau.org —  Kapolres Meranti AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK mendatangkan pihak Masyarakat Kelompok Tani Kecamatan Merbau dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Mako Polres Kepulauan Meranti, Jalan Perumbi Alai. Rabu (26/08/2020)

Hal tersebut dilakukan selain memunaikan janji yang sebelumnya disampaikan Kapolres Eko saat kunjungan silaturrahmi dengan DPRD Kepulauan Meranti beberapa waktu lalu, guna menemukan titik terang dalam penyelesaian sengketa ganti rugi lahan antara pihak masyarakat Kecamatan Merbau dengan pihak salah satu perusahaan kertas raksasa ini.

Mediasi yang dipusatkan di Mako Polres Meranti tersebut, dihadiri langsung oleg Kapolres Eko bersama Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, H. Khalid Ali, dan Boby Haryadi, dan pihak kedua Kelompok Tani Masyarakat serta pihak PT RAPP.

“Alhamdulillah pertemuan bersama pihak PT. RAPP dan dua Kelompok Masyarakat yang bersengketa di Kecamatan Merbau telah kami lakukan mediasi, dan kedua belah pihak telah membuat kesepakatan, para pihak yang bersengketa akan mematuhi hasil dari kesepakatan hari ini, hal ini bisa meredam potensi konflik di kemudian hari nya, kami sangat mengapresiasi kepada para pihak atas pelaksanaan mediasi yg kita lakukan lakukan hari ini. ” kata Kapolres Eko.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Khalid Ali SE meminta PT. RAPP untuk menyelesaikan ganti rugi lahan kepada Kelompok Masyarakat yang terkena dampak SK Menhut No. 138 sebesar 260 HA tersebut.

“PT. RAPP berjanji akan menyelesaikan ganti rugi lahan paling lambat 30 hari setelah berkas pengajuan kelompok tani masyarakat diterima dengan lengkap” beber Khalid.

Selain itu, bersama Kapolres Meranti, ia juga meminta PT. RAPP melibatkan kelompok masyarakat sebagai mitra perusahan dalam hal menggarap lahan.

“Dan kesepakatan ini dituangkan secara tertulis dan ditandatangani oleh semua pihak yang terlibat,” tutur Khalid singkat. *

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.