Kami sampaikan kabar untuk anda

Bupati Inhil Siap Gesa Proyek Tol Trans Sumatera di Wilayahnya

foto: Internet

Pekanbaru, detikriau.org — Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan nyatakan kesiapan membantu proses percepatan pembebasan lahan ganti rugi untuk kepentingan proyek pembangunan tol trans Sumatera di wilayahnya.

Ada dua kecamatan Inhil yang masuk dalam proyek pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Rengat-Jambi. Dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kemuning dan Keritang.

“Tentu kita tidak hanya mendukung, tapi bagaimana percepatan pembebasan lahannya juga segera kita lakukan,” kata  Bupati Inhil pada pertemuan sinergitas percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera yang digelar di Auditorium Menara Lancang Kuning, Senin (24/8/20).

Adapun kedua kecamatan yang masuk dalam kawasan rencana pembangunan tol tersebut, yakni Kemuning enam desa. Sedangkan Keritang satu desa. Sementara luasan lahan yang diperkirakan akan terpakai sekitar 346,82 hektar.

Masih ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya mengatakan pertemuan ini sengaja digelar untuk memastikan kesiapan dan dukungan darah terhadap rencana pembangunan proyek yang masuk dalam Tol Trans Sumatera ini.

“Kami berharap dukungan kepala daerah, terutama bupati-bupati yang memang daerahnya dilintasi oleh tol. Penetapan lokasi akan dikebut agustus ini, dan di harapkan pada September atau Oktober proses pembangunan sudah bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

Rencana pembangunan Tol Jambi-Rengat-Pekanbaru sudah masuk dalam rencana tata ruang dan wilayah Provinsi Riau 2018-2038 (Perda Nomor 10 Tahun 2020) dan Perda Provinsi Jambi Nomor 10 Tahun 2013 dalam RTRW Jambi 2013-2033.

Untuk panjang jalur Tol Jambi-Rengat yang akan dibangun yakni 198,130 kilometer. Sedangkan panjang Tol Rengat Pekanbaru 206 kilometer./MCR

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.