Kami sampaikan kabar untuk anda

Baru beberapa kali digunakan, Incinerator RS khusus covid-19 di Islamic Center sudah rusak

Kondisi Incinerator medis di RS khusus karantina pasien covid-19 di Islamic center Tembilahan./foto: Istimewa/detikriau.org

Tembilahan, detikriau.org – Peralatan tungku pemusnahan limbah padat milik rumah sakit khusus karantina pasien korona di Islamic Center (IC) Jalan Pendidikan Tembilahan, rusak. Padahal peralatan yang biasa disebut incinerator medis ini baru saja diadakan dengan anggaran dana penanganan covid-19.

“Iya rusak, pintu penutup ovennya tidak bisa menutup rapat,” Ujar dr Saut Pakpahan dikonfirmasi detikriau.org akhir pekan tadi.

Dikatakan dr Saut, sejak pertama kali rumah sakit khusus IC difungsikan, Incinerator tersebut sudah terpasang. Awalnya peralatan tersebut menurutnya berfungsi baik. Namun setelah beberapa kali digunakan, penutup oven merenggang.

“saya lupa, pokoknya beberapa kali sempat difungsikan. Suhu tungku pembakaran bisa mencapai 2000⁰ Celsius, kalau tak bisa tertutup rapat, kami tak berani mempergunakannya,” pertegas dr Saut

Ditambahkan Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan ini, untuk pembakaran limbah dari RS khusus di IC saat ini terpaksa harus memanfaatkan fasilitas incinerator milik RSUD Puri Husada.

“Kami sudah memberitahukan Dinas PU sebagai pihak pengadaan barang akan kondisi Incinerator ini, semoga saja bisa segera ditindaklanjuti untuk segera diperbaiki.” Akhiri dr Saut

Perihal ini, Pelaksana Tugas Dinas PUPR Inhil, Yusnaldi membenarkan sudah menerima laporkan adanya kerusakan peralatan Incinerator tersebut. Ia-pun mengaku sudah meminta untuk dilakukan perbaikan oleh pihak penyedia barang.

“Sy sedang rapat, untuk sementara informasi bahwa insenerator rusak sdh kita minta untuk di perbaiki oleh penyedia dan dia sedang berkomunikasi dengan teknisinya, dan sampai saat ini untuk pembayaran alat insenerator belum kita bayar kan, sampai dengan kondisi baik.” Tulis Yusnaldi melalui pesan WhatsApp menjawab konfirmasi detikriau.org. Senin (10/8/2020)./*

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.