Kami sampaikan kabar untuk anda

Lagi musibah tanah longsor, Empat Unit Rumah Penduduk Terjun ke Sungai Perigi

Tanah Merah, detikriau.org – Empat unit pemukiman penduduk di Dusun Sungai Perigi Jalan Sadar RW.02 Desa Tanah Merah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir ambruk ke badan sungai perigi disebabkan musibah tanah longsor.

Abrasi pantai yang terjadi sekira pukul 12.00 Wib, kamis (6/8/2020) ini menyebabkan 21 jiwa harus kehilangan tempat berteduh.

Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman melalui Kasubbag Humas Polres Inhil AKP Warno menerangkan, korban, Sukamto, sebelum kejadian sedang berada didalam rumah. Saat itu ia merasakan bangunan tempat tinggalnya itu bergerak secara perlahan.

Menyadari hal ini, Sukamto bergegas keluar dan disaksikannya tanah dimana bangunan rumahnya berdiri bergerak secara perlahan kearah sungai perigi.

“Kejadian itu menurut Sukamto sekira pukul 23:00 WIB (05/08), Sukamto beserta warga sekitar sudah mengangsur harta benda mereka ke rumah kerabat terdekat, karena salah satu warga mengetahui pada saat air surut melihat keadaan tanah yang retak dan warga sudah memprediksi sekitar jam 11an esok harinya akan longsor. Dan musibah ini terjadi sekitar pukul 12 siang ini,” Disampaikan AKP Warno.

Ditambahkan AKP Warno, empat unit rumah ambruk yang disebabkan tanah longsor ini, adalah milik Sukamto (41), Saharan (52), Ramli (51), dan Atong (55).

“Tidak terdapat korban jiwa dari insiden tersebut, kerugian sampai saat ini belum dapat ditaksir,” Kata Warno

Dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor, disampaikannya disebabkan oleh abrasi air sungai, hal ini dikarenakan pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada di sepanjang pinggir sungai perigi dan pada saat terjadinya musibah tanah longsor air dalam keadaan sedang surut kering.

“Saat ini, Kapolsek Tanah Merah dan seluruh anggota turun membantu korban longsor.” Akhirinya./Am

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.