Kami sampaikan kabar untuk anda

Tidak hanya cantik, Anglonema ternyata juga mampu serap racun di udara

Lipstik (Siam Aurora),/Foto: KOleksi Nadien Farm-Inhil/kontak: 0852 6315 9570

Detikriau.org – Angloma semakin banyak digemari. Bentuk daun yang cantik dengan beragam corak dan warna membuat semakin banyak orang yang kepincut dengan tanaman yang juga kerap disebut Sri Rejeki ini.

Ternyata bukan hanya kecantikannya, Anglonema juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang punya kemampuan membersihkan udara.

Mengutip CNN Indonesia, Riset National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan Associated Landscape Contractors of America (ALCA) menemukan beberapa tanaman yang dianggap ampuh membersihkan udara dalam ruang. Aglonema menjadi salah satu tanaman yang termasuk didalamnya.

Selain ampuh dalam menyerah karbon dioksida dan memproduksi oksigen, Anglonema juga disebut mampu menetralkan sejumlah racun di udara seperti benzene, dan formaldehyde.

Red Kochin/Foto: Koleksi Nadien Farm, Inhil

Benzena sendiri merupakan senyawa kimia organik yang kerap digunakan di bidang industri. Kini, turunan dari benzena bahkan kerap digunakan sebagai bahan obat-obatan, produk kecantikan, hingga makanan. Sementara formaldehyde merupakan senyawa kimia yang umum digunakan pada berbagai produk.

Baik benzena dan formaldehyde ditemukan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari iritasi mata, sakit kepala, hingga gangguan pernapasan.

Pada skala yang lebih parah, benzene bahkan ditemukan bersifat karsinogenik. Mengutip situs American Cancer Society, benzene dapat memicu risiko kanker darah.

Untuk itu, tempatkan aglonema di dalam salah satu sudut ruang rumah Anda. Tenang saja, mengutip Rolling Nature, aglonema tak membutuhkan pencahayaan maksimal dari paparan sinar matahari secara langsung. Tanaman yang juga dikenal dengan istilah ‘Chinese Evergreen’ ini dapat tumbuh pada pencahayaan minimal.

Treasure of Siam/Koleksi Nadien Farm Inhil

Selain aglonema, beberapa tanaman hias lain juga ditemukan dapat membantu membersihkan udara dalam ruang sebagaimana yang disampaikan dalam riset NASA. Beberapa di antaranya adalah tanaman lidah mertua, tanaman palem punik, tanaman peace lily, dan masih banyak lagi.

Namun semakin banyak digemari, untuk varietas tertentu, harga jual anglonema terbilang cukup tinggi.

Namun tentulah tidak harus memmbeli anglonema dengan harga tinggi, anglonema dengan harga relative murah juga banyak tersedia, diantaranya lipstick (Siam Aurora), Heng-Heng, Dona Karmen, Valentine dan beberapa jenis lainnya.

Intinya bukan harus mahal tapi mampu mempercantik ruangan dan sekaligus menyerap racun diudara.

Semoga bermanfaat!

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.