Kami sampaikan kabar untuk anda

1,6 Juta PNS Bakal Dimutasi ke Desa, Kamu Sepakat?

Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki

Jakarta – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemen PAN RB) akan memutasi sebanyak 1,6 juta pengawai negeri sipil (PNS) ke desa. Mereka berprofesi sebagai tenaga administrasi.

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan mereka yang dimutasi ke desa akan menjadi tenaga pengajar hingga penyuluh yang akan disebar ke seluruh wilayah Indonesia.

“Memang 1,6 juta ini ke depan akan kita alokasikan untuk 700.000 tenaga pengajar yang sekarang sedang dipersiapkan KemenPANRB, Kemendikbud, Kementerian Keuangan, serta Kemendagri,” kata Tjahjo, sepert dikutip MInggu (2/8/2020).

Mereka yang berprofesi sebagai tenaga administrasi ini juga akan menjadi tenaga kesehatan. Saat ini tenaga kesehatan di pedesaan jumlahnya terbatas.

“Masih kurang 260.000 tenaga kesehatan, baik itu dokter, perawat maupun bidan. Termasuk kurang 80.000 tenaga penyuluh di seluruh pedesaan, baik itu tenaga pertanian, pengairan, dan lain-lain,” katanya.

Tjahjo menegaskan bahwa perampingan komposisi aparatur sipil negara ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang digencarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemerintah ingin kas keuangan negara bisa lebih efisien dengan kebijakan ini.

“Fokusnya reformasi birokrasi dilakukan pada akar masalah kita. Pertama tata kelola pemerintahan, serta skala prioritas setiap instansi,” katanya.

CNBC Indonesia 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.