Kami sampaikan kabar untuk anda

Kapolres Inhil panen sayuran program ketahanan pangan di Desa Sialang Panjang

Tembilahan, detikriau.org – Kapolres Inhil, AKBP Indra Duaman SIK bersama kelompok tani Mekar Sari lakukan panen kacang panjang di Desa Sialang Panjang Kecamatan Tembilahan Hulu. Kamis (30/7)

Panen perdana diarea lahan seluas 2 ha menghasilkan 120 Kg kacang panjang. Dengan harga Rp8 ribu perkilo, budidaya kacang panjang program ketahanan pangan dimasa pandemik covid-19 ini mampu menghasilkan pendapatan bruto Rp960 ribu.

Selain kacang panjang, dilahan ini juga dibudidayakan tanaman sayur buah terong dan mentimun yang juga hampir memasuki masa panen.

Kapolres saat itu ikut didampingi Kapolsek Tembilahan Hulu, AKP Rhino Handoyo dan Anggota.

Menurut Kapolsek, merintis ketahanan pangan masa pandemi Covid-19, pihaknya bersama penyuluh pertanian yang diketuai Firo, dan Bhabinkamtibmas Desa Sialang Panjang Bripka Ridho Warsika giat memberikan arahan bagaimana cara menanam yang baik kepada kelompok tani Mekar Sari.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Suksesnya panen perdana Ketahanan Pangan Jaga Kampung Desa Sialang Panjang juga tidak terlepas dari dukungan Polres Inhil, Polsek Tembilahan Hulu, Pemdes Sialang Panjang, dan PPL Pertanian THL-TB Perkebunan.

“Hasil panen kacang panjang tersebut nantinya akan dipasarkan ke rumah-rumah makan sekitar wilayah Tembilahan dan Tembilahan Hulu, dengan dibungkus kemasan menarik produksi oleh KWT Mekar Sari dan Pemuda Tani Dusun Benua Lingkar,” diaktakan Kapolsek

Sementara itu, Kapolres berharap kegiatan pertanian di Desa Sialang Panjang kiranya dapat terus digiatkan agar masyarakat semakin kreatif dan efektif.

“Polres Inhil terus mengarahkan kepada 20 kecamatan agar lahan yang dipergunakan sebagai ketahanan pangan ditanami tanaman yang semudim yang menghasilkan. Selain tanaman yang menghasilkan juga terus genjot peternakan dan perikanan yang bermanfaat,” ujar Kapolres.

Pemdes sialang panjang, HM Yusuf Kurnain didampingi Penyuluh pertanian dan Bhabinkamtibmas Sialang Panjang mengucapkan terima kasih kepada Polres Inhil dan Polsek Tembilahan Hulu yang telah menjadi pelopor dalam pelaksanakan jaga Kampung Ketahanan pangan di desanya.

“Kami bersyukur terutama ibu-ibu PKK, penanaman kacang panjang perdana hari ini hasilnya sangat memuaskan dan maksimal, kabarnya ini baru 50 persen di panen, hasilnya nanti akan kami distribusikan ke rumah-rumah makan dan rencananya bekerjasama dengan BUMdes,” ungkapnya.

Bhabinkamtibmas Sialang Panjang, Bripka Ridho Warsika menambahkan, untuk kedepan sudah dimulai proyek ketahanan pangan penanaman buah semangka tepatnya didepan kantor desa Sialang Panjang.

Diakhir kegiatan, Kapolres Inhil juga memberikan bantuan berupa tiga tabung semprot pertanian beserta empat buah alat penyiram manual kepada Kelompok Tani Mekar Sari, Kemudian dilanjutkan meninjau lahan ketahanan pangan Desa Pekan Kamis Kecamatan Tembilahan Hulu./*/Am

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.