Kami sampaikan kabar untuk anda

Antisipasi penyebaran covid-19, Gubri imbau berlakukan kembali wajib lapor bagi pendatang

Foto: MCR

Pekanbaru, detikriau.org – Gubernur Riau Syamsuar meminta kepada seluruh Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Provinsi Riau berlakukan kembali wajib lapor 1 x 24 jam bagi pendatang dari luar daerah. Pemberlakukan hal ini menurut Gubri ditujukan untuk menekan penularan covid-19.

“Ini merupakan salah satu upaya kita untuk menjaga keamanan masyarakat di Provinsi Riau. Kita harus lebih memperketat protokol kesehatan dilingkungan kita agar angka penularan bisa ditekan,” kata Syamsuar pada webinar tingkat daerah dalam rangka optimalisasi pendisiplinan protokol kesehatan menuju masyarakat produktif dan aman Covid-19  yang dilaksanakan di Kediaman Gubri, mengutip mediacenter.riau.go.id, selasa (28/7),

Gubri mengatakan penghidupan kembali imbauan tamu wajib lapor 1 x 24 jam bertujuan agar siapa saja yang memasuki daerah tertentu bisa dideteksi dengan baik oleh kepala daerah atau RT/RW guna terciptanya keamanan bagi masyarakat.

“Sekarang banyak kepala daerah yang tidak peduli dengan orang yang keluar masuk di daerahnya, hal itu sangat berpotensi terjadinya penularan, sebab mereka yang datang dari luar tidak menjamin apakah bebas dari virus,” terangnya.

Gubri beralasan, lonjakan kasus positif di Riau beberapa waktu terakhir sebagian besar juga berasal dari Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk itu, pengawasan dan pengetatan dipintu masuk daerah dan perbatasan harus dilakukan dengan maksimal.

“Kita harus waspada terhadap OTG, meskipun terlihat sehat namun tidak menjamin negatif Covid-19,”Ingatkan Gubri.

Gubri juga berharap agar Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) bisa bersinergi untuk mewujudkan hal itu demi menjaga masyarakat tetap aman./*

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.