Kami sampaikan kabar untuk anda

Pemerintah: Gugus Tugas Nasional-Daerah Corona Tak Bubar, tapi Ganti Nama

Seskab Pramono Anung (Foto: Humas Setkab)

Jakarta – Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 tak dibubarkan. Gugus Tugas, kata Pramono, hanya berganti nama menjadi Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

“Dengan terbentuknya atau dengan terbitnya Perpres Nomor 82 tahun 2020, Gugus Tugas beralih namanya menjadi Satuan Tugas,” kata Pramono dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Setpres, Selasa (21/7/2020).

Pramono lantas menjelaskan mengapa Gugus Tugas diganti nama menjadi Satuan Tugas. Sebab, saat ini, Satuan Tugas berada di bawah koordinasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Kalau Gugus Tugas itu berdiri sendiri karena Gugus Tugas pada waktu itu dibuat Keppres maka dia menjadi Gugus Tugas. Karena ini menjadi Perpres dan dia tidak berdiri sendiri, ada Satuan Tugas yang lain maka namanya menjadi Satuan Tugas. Tetapi bekerjanya tanggung jawab dan sebagainya adalah sama,” tuturnya.

Hal yang sama juga berlaku pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di daerah. Pramono menekankan otomatis Gugus Tugas di daerah juga berganti nama menjadi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah.

“Maka dengan telah berfungsinya satuan tugas nasional penanganan COVID nasional dan daerah bagaimana dengan di daerah? Maka di daerah diintegrasikan tidak perlu dibubarkan. Hanya namanya berubah menjadi satuan tugas penanganan COVID-19 daerah. Sekali lagi kami tegaskan gugus tugas daerah tidak ada yang dibubarkan namanya menjadi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah,” kata Pramono.

Pramono mengatakan untuk legalisasi Satuan Tugas di daerah nantinya akan ditetapkan oleh Komite Kebijakan. Namun, dia menekankan Gugus Tugas di daerah saat ini tetap bisa bekerja tanpa ditetapkan Komite Kebijakan.

“Tetapi tanpa ditetapkan Komite Kebijakan secara otomatis mereka bisa bekerja pada saat ini karena itu diatur dalam pasal 20 ayat 2 semua pelaksana tugas fungsi gugus tugas beralih dari Komite Kebijakan Satuan Tugas sejak terbentuknya ditetapkannya Satuan Tugas Penanganan COVID-19 nasional atau daerah maka dengan demikian ini bersifat otomatis,” kata Pramono.

“Setelah satuan tugas terbentuk, maka gugus tugas nantinya sudah tidak ada lagi karena memang satuan tugas dan gugus tugas adalah organisasi yang sama,” imbuhnya.

detikcom

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.