Kami sampaikan kabar untuk anda

Daun sirsak dan berbagai manfaatnya

Foto: Internet

Detikriau.org – Sirsak menjadi buah yang banyak ditemukan di daerah beriklim tropis. Buah dengan daging kenyal ini memiliki rasa yang sedikit asam dengan sensasi menyegarkan. Bukan hanya rasanya yang enak, sirsak juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan, salah satunya adalah bagian daunnya.

Dalam program Hidup Sehat TvOne, Spesialis farmakologi, dr. Wawaimulu Arozalz M.Biomed, Pharm.D. menjelaskan ada sejumlah manfaat luar biasa dari daun sirsak. Salah satunya adalah dapat menurunkan risiko kanker.

“Dalam sebuah penelitian daun sirsak dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar. Pemberian daun sirsak dan diimbangi oleh terapi standae kemoterapi mampu menurunkan ukuran tumor dan menghambat sel tumor. Tapi perlu diingat untuk menurunkan risiko kanker jangan hanya mengandalkan daun sirsak tapi juga diimbangi dengab terapi standar atau kemotrapi,” kata dia, Jumat 17 Juli 2020.

Selain dapat menurunkan risiko kanker, daun sirsak juga diketahui dapat menurunkan kolesterol. Meskipun, kata Wawaimulu studi masih terbatas pada hewan coba, daun sirsak pada manusia dapat menunrukan kadar kolesterol.

“Perlu diingat jangan semata-mata mengunakan ini saja tapi juga harus diimbangi dengan makanan dan diet rendah lemak sehingga dapat menurunkan kolesterol jaha,” jelas dia.

Manfaat lain yang tidak terduga dari daun sirsak adalah dapat mengatasi nyeri punggung. Tapi, Wawaimulu menjelaskan hanya sakit pinggang ringan yang dapat diobati oleh daun sirsak ini.

“Banyak laporan daun sirsak mengandung senyawa analgesik. Terkait nyeri punggung sendiri terdapat berbagai penyebab. Nyeri punggung yang sifatnya ringan dapat diobati dengan daun sirsak,” “kata dia.

Satu lagi, manfaat tidak terduga dari daun sirsak adalah dapat meningkatkan kesuburan. Meskipun baru terbatas pada studi hewan uji.

“Studi pada hewan uji daun sirsak dapat meningkatkan mortilitas atau pergerakan sperma dan tingkat jumlah sperma. Meski demikian, tapi tampaknya menjanjikaan daun sirsak untuk kesuburan,” kata dia.

Berikut ini tips agar mendapatkan hasil yang maksimal dari daun sirsak seperti yang dijabarkan oleh Wawaimuli.

  1. Pilih daun sirsak yang sudah tua bukan yang muda. Sebab, kata dia daun sirsak yang tua lebih banyak mengandung zat aktif dibandingkan dengan daun sirsak muda.
  2. Untuk merebus daun sirsak, persiapkan 10 lembar daun sirsak tua kemudian tambahkan 3 gelas air. Kemudian rebus selama satu jam dan konsumsi air rebusannya.
  3. Konsunsi air rebusan daun sirsak sebanyak 1-2 kali sehari untuk anti diabetes dan menurunkan kolesterol
  4. Rebusan daun sirsak tidak boleh dikonsumsi usia di bawah 18 tahun, ibu hamil serta orang dengan gangguan fungsi ginjal karena orang. Sebab kata dia, orang dengan gangguan fungsi ginjal membatasi asupan air, selain itu kandungan ion dalam daun sirsak dapat memperberat fungsi ginjal.

sumber: Viva.co.id

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.