Kami sampaikan kabar untuk anda

Bermodal lencana plastik, pria Lampung nekat jadi BIN gadungan di Pekanbaru

Pekanbaru – MS alias Soeradi hanya bisa tertunduk lesu di hadapan anggota Badan Intelijen Negara (BIN) usai sepak terjangnya sebagai anggota BIN gadungan di Kota Pekanbaru, Riau, terendus dan terbongkar petugas.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru, Sabtu, mengatakan pria 42 tahun itu ditangkap oleh anggota intelijen sebenarnya sebelum diserahkan ke Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau, medio pekan ini.

“Kasus itu kini ditangani Subdit 1 Ditreskrimum Polda Riau,” kata Narto.

Ia menjelaskan SM, pria asal Lampung yang kini tinggal di Kota Pekanbaru itu melancarkan aksinya dengan menjanjikan bisa membantu warga menjadi anggota BIN.

Untuk mengelabui korban, dia pun berlagak layaknya intelijen betulan. Rambut cepak, kalung dengan lambang Burung Garuda yang berbahan plastik serta dokumen-dokumen mengatasnamakan Presiden Joko Widodo.

Kepada korban, SM mengaku bisa menjadikan dia sebagai anggota BIN dan mendapat gaji Rp45 juta sebulan. Tak hanya itu, tersangka juga memastikan bahwa korban akan dilantik sebagai anggota BIN pada 20 Juni 2020 lalu.

Namun, pelantikan itu tak kunjung dilaksanakan. Padahal, korban telah menyetorkan sejumlah peralatan elektronik sebagai mahar pengganti Rp17 juta. Tak lama berselang, dia pun dilacak dan ditangkap petugas.

(ANTARA)

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.