Kami sampaikan kabar untuk anda

Asisten III Rosdaner Harapkan Mahasiswa Mampu Berkontribusi Bangun Kota Sagu

MERANTI, detikriau.org — Asisten III Sekertariat Daerah Kabupeten (Sekdakab)  Kepulauan Meranti, H. Rosdaner SPd M.Si, berharap agar mahasiswa dapat menjadi mitra Pemerintah Daerah (Pemda) yang mampu memberikan kontribusi dalam membangun Kabupaten Kota Sagu ini.

Hal tersebut diungkapkan pria yang akrab disapa Om Daner ini, usai membuka Konferensi I Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia di Aula Kantor Bupati Meranti, Jumat (10/7/2020) .

Dalam kegiatan yang dihadiri Kasat Lantas Polres Kepulauan Meranti, AKP Deswandi, Mantan Ketua PMII Meranti Hanafi, Ketua KNPI Meranti Rudi Tanjung, Perwakilan IPNU dan HMI tersebut, Om Daner mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat cukup strategis dalam membentuk karakter generasi muda Meranti sesuai dengan tema acara yang kuat, kritis dan berjiwa militan.

Sebagai mitra pemerintah yang kritis, dikatakan Om Daner, harus memiliki alasan yang kuat dalam menyampaikan aspirasi.

“Yang penting adalah semangat persatuan dan silahturahmi untuk menghindari terjadi konflik. Banyak silahturahmi banyak pengalaman. Silahkan kritis tapi memiliki alasan yang kuat dan terpenting dapat memberikan solusi sehingga semua masalah dapat diselesaikan,” papar Om Daner.

Pemda menyadari lahirnya reformasi tidak terlepas dari peran mahasiswa, namun dalam menyampaikan aspirasi tetap menjaga etika yang sifatnya membangun.

Selain itu, ia menambahkan,  mahasiswa juga harus dapat menjadi pencerah ditengah masyarakat. “Misalnya memberikan pengertian kepada masyarakat penerima manfaat bantuan Covid-19. Dimana masyarakat yang berhak menerima adalah masyarakat miskin yang terdampak Covid-19, bukan untuk masyarakat yang mampu,” jelas Om Daner.

Sebagai garda terdepan dalam membangun Meranti, Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Meranti ini juga berharap, mahasiswa hendaknya dapat menjadi mitra dalam membangun daerah khususnya menekan angka kemiskinan di Meranti dengan melakukan berbagai inovasi.

“Dengan berbagai inovasi generasi muda ini dapat membantu pembangunan Meranti jadi lebih baik lagi kedepan,” pungkas Om Daner.

Hal senada juga diungkapkan Mantan Ketua PMII Meranti Hanafi, sebagai mahasiswa harus eksis memberikan kontribusi bagi kemajuan pembangunan Meranti. Caranya dengan tetap bersifat kritis mengawal semua dinamika khususnya kebijakan pemerintah demi kepentingan rakyat.

Namun sifat kritis hendaklah dijalankan secara beretika dan konstruktif, artinya tidak hanya bisa mengkritisi, tapi harus disertai dengan solusi yang mampu memberikan semangat positif bagi kemajuan Meranti.

“Mahasiswa harus terus bergerak mengawal semua dinamika secara kritis namun mengkritisi hendaklah disampaikan secara konstruktif,” ujar Hanafi.

Ia berharap, kader PMII, khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, dapat menjadi pemuda-pemudi yang memiliki semangat juang tinggi yang kedepan dalat menggantikan estafet kepemimpinan di Kabupaten Kota Sagu ini.

Sementara itu, Ketua KNPI Meranti Rudi Tanjung, mengungkapkan bahwa para kader PMII harus bisa menjadi mitra pemerintah yang kritis namun tetap disampaikan dengan cara elegan dan beradap.

Selain itu,  Rudi juga menambahkan, melalui pelatihan Kader Dasar dan Konfercab PMII ini, hendaknya dapat menjadi momentum dalam mencetak kader yang kritis, yang nantinya mampu mewarnai pergerakan pemuda dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“PMII harus dapat menjadi mita pemerintah yang kritis tidak lembek, namun tetap disampaikan dengan cara cara yang beradap dalam mengawal kebijakan pemerintah demi kepentingan rakyat,” jelas Rudi

Bertepatan dengan moment Pilkada serentak di Kabupaten Kepulauan Meranti, Rudi berharap, pengurus PMII dapat menjadi penengah mengawal Pilkada nantinya.

“PMI harus menjadi penengah mengawal Pilkada yang bersih dengan tidak ikut-ikutan mendukung salah satu calon, ” tegas Rudi. /*/eko

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.