Kami sampaikan kabar untuk anda

Waduh, kasus baru covid-19 RI hari ini naik 2.657 orang, terbanyak dari Jawa Barat

Jakarta, detikriau.org – Pemerintah melaporkan penambahan kasus positif baru dengan catatan kasus harian terbanyak, yaitu 2.657 orang. Total kasus konfirmasi positif covid-19 berjumlah 70.736 orang.

DIkatakan juru bicara pemerintah terkait penangan cpvid-19, sr Achmad Yurianto, kasus konfirmasi positif baru didapatkan dengan pemeriksaan sebanyak 23.832 spesimen dalam 24 jam terakhir.

“Hari ini ada penambahan 2.657 kasus baru, sehingga total kasus menjadi 70.736 orang,” DIkatakan Yurianto dalam siaran pers yang disiarkan secara online melalui akun BNPB pada kanal youtube, kamis (9/7)

Diterangkan Yurianto, daerah yang memberikan tambahan kasus baru terbanyak didapatkan dari Jawa Barat dengan 962 kasus baru, namun secara bersamaan juga melaporkan kasus sembuh sebanyak 27 orang.

Berikutnya adalah Jawa Timur dengan 517 kasus baru dan 263 sembuh, DKI Jakarta 284 kasus baru dan 221 sembuh, Sulawesi Selatan 130 kasus baru dan 189 sembuh, Sulawesi Utara 126 kasus baru dan 27 sembuh, Jawa Tengah 120 kasus baru dan 30 sembuh, Kallimantan Selatan 108 kasus baru dan 23 sembuh, serta Sumatera Utara 108 kasus baru dan 11 sembuh.

“Penambahan kasus baru dari Jawa Barat didapat dari klaster yang sudah selesai dilakukan penyelidikan efidemilogi sejak tanggal 29 juni yang lalu yaitu kalster dari pusat pendidikan calon perwira TNI AD, keseluruhan dari klaster ini didapatkan 1.262 kasus,” Disebutkan Yurianto.

Namun dari total 1.262 konfirmasi positif tersebut, diterangkan Yurianto hanya 17 orang yang saat ini dirawat dan dilakukan isolasi di rumah sakit karena adanya keluhan, meskipun dalam derajat keluahan ringan, seperti demam, batuk dan sesak nafas ringan, serta 1.245 lainnya tanpa keluhan apapun.

Menurut Yurianto, isolasi dilakuakn di diwilayah pendidikan secapa TNI AD di bandung. Saat ini seluruh komplek pelatihan dilakukan isolasi, tanpa dibenarkan adanya akses baik keluar masupun masuk.

“Dipastikan tidak akan terjadi penularan keluar komplek karena karantina dilakukan secara ketat sesuai standar karantina wilayah  Internasional. Kita berharap masyarakat untuk tenang dan tidak panic,” Dipesankan Yurianto.

Dilanjutkan Yurianto, hari ini sebanyak 19 provinsi melaporkan penambahan kasus baru dibawah 10 orang dan 4 provinsi tidak ada penamabhan kasus baru.

Kasus sembuh dalma 24 jam terakhir sebanyak 1.066 orang, total menjadi 32.651 dan kasus kematian bertambah 58 orang, total menjadi 3.417.

Untuk kasus orang yang masih dalam proses pemantauan dilaporkan berjumlah 38.498 orang dan yang masih dalam pemantauan (PDP) 13.732.

“34 provinsi dan 457 kabupaten kota sduah terdampak,” AKhiri Yurianto.

Reporter: Faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.