Kami sampaikan kabar untuk anda

Polisi kantongi identitas pemilik 1.062 Dos rokok luffman tangkapan di Kuala Selat, Inhil

“Kerugian Negara di taksir mencapai, 4,99 miliar”

Pekanbaru, detikriau.org – Direktur Polairud Kombes Pol Badaruddin mengakui telah mengantongi identitas pemilik 1.062 Dos rokok merk luffman yang diamanakan dari KLM. WAN REZKI JAYA GT. 34 di Perairan Kuala Selat, Sungai Dendan Kec. Kateman Kab. Indragiri Hilir pada sabtu 4 juli 2020 kemaren.

“Untuk saat ini kita masih mendalami kasusnya, pemilik rokok ilegal tersebut indentitasnya sudah kita kantongi dan akan dilakukan pemanggilan untuk pemeriksaan,” Kata Badaruddin didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto melalui rilis pers yang diterima detikriau.org, selasa (8/7)

Menurut Badaruddin, untuk mengelabui petugas, tersangka sengaja  menyembunyikan rokok tanpa label cukai dan tidak dilengkapi dokumen resmi ini dengan tumpukan buah kelapa.

“Tersangka ini sengaja menutupi muatan kapal dengan buah kelapa, ini untuk mengelabui petugas,” ungkap Badaruddin.

Diterangkan Badaruddin,  awalnya informasi upaya penyelundupan rokok illegal ini diterima pihaknya dari masyarakat.

Selanjutnya petugas dari tim offensive Unit Intel Air Subdit Gakkum Ditpolair Polda Riau yang dipimpin oleh Kompol Syamsuddin SH.MH  beserta Komandan Kapal KP IV-1007 dan Komandan Kapal KP IV-1008, bergerak dari Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir dengan menggunakan sarana Tactical Ship 03 dan melaksanakan pangamatan disekitar perairan Kuala Selat.

Setelah sekian waktu, sekira pukul 14.00 Wib, Tim offensive menjumpai satu unit kapal mencurigakan sedang sandar di aliran Sungai Dendan yang kemudian dilakukan  pemeriksaan Tim satu unit KLM WAN REZKI JAYA GT.34 yang sedang dijaga oleh JM dan IH.

Kapal tersebut bermuatan buah kelapa yang memenuhi lambung kapal. Namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih teliti, dibagian bawah kelapa petugas menemukan 1.062 Dos Rokok Merk Luffman merah dan silver ditutup terpal.

Saat itu, diterangkannya, kondisi sungai di TKP dalam keadaan surut dan menyebabkan  KLM WAN REZKI JAYA kandas dan baru bisa dikeluarkan setelah air sungai pasang sekitar pukul 21.30 wib dengan ditarik menggunakan kapal lain (kondisi kemudi patah) ke Mako Ditpolair dengan pengawalan ketat oleh petugas.

Dalam penangkapan itu petugas mengamankan Barang Bukti berupa satu unit  kapal berikut satu bundel dokumen KLM. WAN REZKI JAYA serta 1.062 Dos rokok luffman yang terdiri dari Luffman Merah​: 650 Kotak dan Luffman putih ​: 412 Kotak.

Akibat perbuatan pelaku, Badaruddin menerangkan bahwa Negara dirugikan sekira Rp 4,99 miliar

“Pelaku dijerat dengan pasal 104 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 dan/atau Pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara dan/atau pidana denda paling banyak Rp 5 miliar.” Akhirinya

Bidhumas Polda Riau/eko/editor: faisal

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.