Kami sampaikan kabar untuk anda

Titik Api Ditangani Lebih Cepat, GP Ansor Apresiasi Kapolda Riau

Pekanbaru, detikriau.org  – Sempena Hari Bhayangkara ke 74, Ketua PW GP Ansor Riau memberikan apresiasi atas keberhasilan POLDA Riau menekan angka kebarakan hutan dan lahan di Propinsi Riau.

Sampai Juni ini, GP ANSOR Riau mencatat angka kebakaran hutan dan lahan jauh turun yakni mencapai  63 persen dibanding periode yang sama di tahun 2019.

Salah satu Kunci suksesnya adalah adanya Dash board Lancang Kuning Nusantara yang diciptakan Polda Riau untuk memonitoring terjadinya titik api dan mengkordinasikan kekuatan pemadaman secepat mungkin di lapangan.

“Kalau kebakaran hutan dan lahan itu pasti ada dan terjadi dengan berbagai penyebab, tapi yang paling substansi adalah bagaimana cara aparat merespon dengan cepat agar tidak meluas dan membesar. Nah dengan Aplikasi Dashboart Lancang Kuning, saya melihat sejauh ini kemunculan titik api terpantau dengan cepat dan dipadamkan dengan cepat pula,” ungkap Purwaji yang juga menjadi Koordinator Relawan Karhutla dari Banser Riau itu.

“Jadi dengan keakuratan data yang disajikan dasboard lancang kuning dan laporan lapangan dari aparat, Gugus Tugas Pencegahan Karhutla bisa mengambil keputusan lebih cepat dalam pengerahan pasukan pemadam termasuk menggerakkan semua potensi baik dari TNI POLRI, Manggala Agni, Pemadam Kebakaran, Satpol PP, MPA, atau bahkan relawan Ansor dan Banser”, sambungnya berapi api.

Purwaji melanjutkan, bahkan jika diperlukan bisa sesegera mungkin mengirim helikopter water bimbing ke lokasi kebakaran.

“Intinya dengan aplikasi Dashboart lancang kuning penanggulangan kebakaran hutan dan lahan bisa semakin efektif dan cepat,” ungkapnya penuh keyakinan.

Purwaji juga menghimbau  agar semua pihak ikut bahu membahu menjaga lingkungan agar Riau tidak mengalami bencana kabut asap seperti pengalaman lalu.

Dengan prediksi puncak kemarau Juli sampai Oktober ini kita semua harus saling bekerja keras, bukan saling menyalahkan satu sama lain, bahwa GP ANSOR Riau sudah berkomitmen bahwa semua potensi kadernya yang mencapai 10 ribu orang di seluruh Riau siap membantu Gugus Tugas Pencegahan Karhutla Propinsi Riau.

“Sudah ada 500 kader yang kita latih menjadi relawan Karhutla, ini akan terus kita lakukan agar anggota kita semua benar benar siap diterjunkan membantu TNI POLRI dalam memadamkan Karhutla.”pungkasnya./*/eko

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.