Kami sampaikan kabar untuk anda

Di Selatpanjang, Pekanbaru dan Bengkalis, Pemkab Meranti Sediakan Fasilitas RTK Untuk Ibu Hamil

MERANTI, detikriau.org — “Alhamdulillah sudah tersedia rumah tunggu kelahiran di Selatpanjang, Pekanbaru dan Bengkalis, untuk warga Kabupaten Kepulauan Meranti,” demikian disampaikan oleh Kabid Yankes Dinas Kesehatan Meranti drg. Novi Indriani, kepada media, Rabu (1/6/2020).

Dikatakan Novi, Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) ini disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk melayani Ibu hamil yang akan bersalin.

“Fasilitas ini bertujuan agar lebih mendekatkan akses Ibu hamil dengan fasilitas kesehatan. Sehingga tidak terjadi keterlambatan pertolongan dan pelayanan kesehatan, ” ungkap Novi lagi.

RTK di tiga wilayah tersebut, dijelaskan Novi, merupakan fasilitas yang disediakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti untuk dimanfaatkan oleh ibu hamil yang dalam pemeriksaan kehamilannya hingga diketahui harus melahirkan di RSUD, baik RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti, RSUD Bengkalis maupun RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

Tidak hanya itu, lanjut Novi, selain menyediakan rumah tunggu lengkap dengan isinya, pemerintah Kabupaten Kota Sagu ini juga menyediakan uang pergantian transportasi.

“Bukan hanya rumah tunggu dan uang pengganti transportasi saja, Pemkab Meranti juga menyediakan makan untuk dua (2) orang, yakni ibu hamil dan seorang keluarga yang mendampingi selama pasien berada di RTK, dan yang tak kalah penting biaya bersalin juga ditanggung oleh pemerintah,” papar Novi.

Untuk mendapatkan fasilitas ini, dikatakan Novi lebih lanjut, masyarakat wajib melengkapi syarat administrasi namun syatat ini tidak sulit, cukup memberikan Foto Copy KTP, KK, FC SKTM, Tiket (jika memakai tiket), Surat Rujukan dari Puskesmas.

“Untuk informasi lebih lengkap, setiap warga yang ingin memanfaatkan fasilitas ini dapat menghubungi Kepala Seksi Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Yurnalita, S.ST di Nomor 08126804926,” tutur Novi./ADV

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.