Kami sampaikan kabar untuk anda

Antispasi paparan virus corona, Manajemen RSUD PH perketat pengawasan penggunaan APD dan pelayanan

Ilustrasi perawatan pasien covid-19./Foto: Tempo.co

Tembilahan, detikriau.org – Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, dr Saut pakpahan membenarkan bahwa sejauh ini dipastikan lima orang SDM di rumah sakit milik pemerintah daerah itu terkonfirmasi positif terjangkiti virus corona.

Menurut dr Saut, yang berhubungan dan langsung kontak dengan ruang isolasi pasien covid-19 hanya satu orang perawat, Nn IA (28), sementara satu orang lainnya bertugas di ruang IGD, dua orang dibagian pelayanan dan satu orang petugas satpam.

“Jadi nakes yang didapati positif  dan langsung berhubungan dengan  ruang isolasi covid-19 hanya satu orang, yakni Nn IA,” Disampaikan dr Saut melalui sambungan selularnya menjawab konfirmasi detikriau.org, rabu (24/6).

Dr Saut menyebutkan tidak ingin berandai-andai dimana kemungkinan terjadinya penularan yang menyebabkan kelimanya terpapar virus, untuk mendapatkan kepastian, trasing dan penelusuran yang teliti tentu perlu dilakukan.

Saat ini yang terpenting menurutnya adalah upaya untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya penularan kembali, termasuk memastikan sejauh apa kondisi kesehatan pasukan garda terdepan dalam perang melawan covid-19 di Inhil itu.

“makanya hari ini kita melakukan swab massal kepada seluruh nakes dan karyawan untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan mereka,” kata Saut

Ditambahkan dr Saut, terkait penerapan protokol kesehatan adalah sesuatu hal yang baku. Pemberlakuan dan pengawasan ketat diberlakukan sama diseluruh rumah sakit rujukan covid-19.

Hanya saja, tidak ditampiknya, mungkin saja ada kelalaian dalam penerapan alat pelindung diri. Misalnya menurut Saut keteledoran bisa saja terjadi saat nakes melepas APD setelah selesai bertugas diruang isolasi.

“Termasuk dibagian pelayanan. Antisipasinya kedepan kita akan perketat pengawasan terhadap penggunaan APD dan pemberian pelayanan kepada pasien.” Ditambahkan Saut.

Berdasarkan data gugus tugas covid-19 Inil, empat orang tenaga kesehatan dan seorang karyawan RSUD Puri Husada Tembilahan yang positif terjangkiti virus corona terdata dengan pasien positif ke 17, pasien positif ke 19, pasien positif ke 23, ke 24, dan 25.

Reporter: fsl

 

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.