Kami sampaikan kabar untuk anda

Ada Apa dengan China? Belum Kelar India, Kini Panas ke Jepang

Foto: Perdana Menteri Cina Li Keqiang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono menghadiri upacara penandatanganan di Aula Besar Rakyat di Beijing, China. (REUTERS / Thomas Peter)

Jakarta  – China dan Jepang kini memanas. Persoalannya terkait dengan pulau yang disengketakan kedua negara yakni Senkaku (nama yang diberikan Jepang) atau Diaoyu (nama yang diberikan China).

Mengutip Reuters, Jepang melalui Majelis Kota Ishigaki di prefektur Okinawa mengesahkan UU yang mengubah nama wilayah administrasi yang didalamnya terdapat pulau sengketa, menjadi Tonoshiro Senkaku pada Senin (22/6/2020). Sebelumnya nama area itu hanya Tonoshiro.

Aturan perubahan nama itu akan berlaku 1 Oktober nanti. Langkah ini diambil karena kerap terjadi kesalahan area, karena ada dua wilayah yang memiliki nama sama, Tonoshiro.

Tindakan Jepang ini membuat protes keras dari China. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengatakan sudah membuat pengaduan ke Tokyo.

Protes juga disampaikan Taiwan. Ketiga negara sama-sama mengklaim kepemilikan pulau tersebut.

Sebelumnya China mengintensifkan pengawasan di pulau sengketa ini, sejak 14 April. Kapal penjaga pantai China kerap memasuki area tersebut dan membuat Jepang menyampaikan nota keberatan.

Sementara itu, mengutip CNN International, ketegangan antara China dan Jepang di pulau Senkaku bisa memicu konfrontasi dengan Amerika Serikat (AS). Pasalya AS memiliki perjanjian pertahanan bersama dengan Jepang.

Jika wilayah Jepang diserang oleh kekuatan asing, AS wajib mempertahankannya. Kekhawatiran kemungkinan konfrontasi meningkat minggu lalu seiring dengan masuknya China ke pulau tersebut.

CNBC Indonesia

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan detikriau.org dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. detikriau.org berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.